Turki Ancam Rezim Assad jika Bantu Milisi Dukungan AS di Afrin

Turki Ancam Rezim Assad jika Bantu Milisi Dukungan AS di Afrin

ANKARA (Jurnalislam.com) – Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu pada hari Senin (19/02/2018) menegaskan kembali kepekaan Turki terhadap integritas teritorial Suriah dan memperingatkan rezim Syiah Bashar al-Assad untuk tidak mendukung milisi YPG dukungan AS di Afrin.

Cavusoglu berbicara dalam sebuah konferensi pers bersama dengan rekannya dari Jordania Ayman Safadi di ibukota Amman.

“Sekarang, ‘apakah pasukan rezim Suriah akan masuk ke sana? Jika mereka melakukannya, untuk apa?’ Itu penting, jika rezim masuk untuk menghapus PKK, YPG maka tidak ada masalah. Jika mereka memasuki [Afrin] untuk memberikan perlindungan kepada YPG, maka tidak ada yang bisa menghentikan rakyat atau tentara Turki. Hal ini bukan hanya untuk Afrin saja, tapi juga untuk Manbij dan di sebelah timur sungai Efrat juga,” tambahnya, lansir Anadolu Agency.

Pasukan Rezim Assad Bantu Milisi Dukungan AS Hadapi Militer Turki di Afrin

Ucapannya disampaikan setelah kantor berita pemerintah rezim Assad SANA melaporkan pada hari Senin bahwa milisi pro-Assad yang disebut “Popular Forces” akan memasuki Afrin dalam beberapa jam.

Cavusoglu sekali lagi menekankan bahwa Operation Olive Branch Turki diluncurkan untuk “membersihkan” teroris YPG dukungan AS.

Organisasi teroris YPG dikatakan telah mengadakan pembicaraan dengan rezim Suriah setelah lebih dari 70 wilayah strategis dibebaskan selama Operation Olive Branch sejak diluncurkan pada 20 Januari.

Menurut Staf Umum Turki, operasi tersebut bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan dan wilayah Turki serta melindungi penduduk Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris YPG.

Bagikan
Close X