Turki Akan Keluarkan Resolusi Lawan Keputusan Veto AS

19 Desember 2017
Turki Akan Keluarkan Resolusi Lawan Keputusan Veto AS

TURKI (Jurnalislam.com) – Turki mengkonsentrasikan upaya untuk mengeluarkan sebuah resolusi di Majelis Umum PBB untuk melawan keputusan Veto AS yang mengakui Yerusalem yang diduduki sebagai ibukota Israel, Senin (18/12/17).

Ankara memimpin upaya menekan Majelis Umum karena Washington sudah diperkirakan akan memveto sebuah rancangan resolusi yang akan diambil suaranya oleh Dewan Keamanan PBB pada hari Senin, pejabat Turki mengatakan kepada Al Jazeera.

Amerika Serikat adalah satu dari lima anggota tetap badan tertinggi PBB tersebut. Anggota tetap Dewan Keamanan PBB memiliki hak veto.

AS Veto Resolusi PBB, Turki: Objektivitas Telah Hilang

Setelah sesi Dewan Keamanan di hari Senin, Turki, Palestina dan pihak-pihak lain diharapkan untuk mendorong isu tersebut ke Majelis Umum PBB, di mana semua 193 anggota organisasi internasional diwakili.

Presiden Donald Trump pada 6 Desember mengumumkan keputusan AS untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, menyimpang dari kebijakan yang telah berlangsung puluhan tahun dan menyalahi konsensus internasional bahwa status kota Yerusalem harus diselesaikan melalui perundingan damai.

AS Memveto Resolusi DK PBB, Tetap Akui Yerusalem Ibukota Israel

Resolusi Dewan Keamanan PBB yang disusun oleh Mesir, dan dilihat oleh Al Jazeera, “meminta semua negara untuk menahan diri dari pembentukan misi diplomatik di Kota Suci Yerusalem.”

Keputusan dan tindakan yang mengubah karakter, status atau komposisi demografis Kota Suci Yerusalem “tidak memiliki efek hukum, tidak sah dan tidak berlaku lagi dan harus dibatalkan sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan yang relevan,” draf tersebut berbunyi.