Tips Hemat Ini Buat Kamu Bahagia

Tips Hemat Ini Buat Kamu Bahagia

“Hati-hatilah dengan pengeluaran kecil, karena keretakan kecil dalam kapal besar sekalipun dapat menenggelamkan kapal tersebut.” Benjamin Franklin.

JURNALISLAM.COM – Hemat atau berhemat sering kali diartikan sebagai bagian dari pola hidup yang pelit dan menyiksa. Padahal sesungguhnya tidak sama sekali jika kamu tahu trik dan tipsnya.

Hemat bisa menjadi satu bagian dari hidup kita yang menyenangkan apabila kita berhemat dengan ikhlas dan niat yang tulus. Sejatinya berhemat memiliki banyak manfaat. Manfaat paling masuk akal dan terpopuler adalah dengan berhemat, maka kita bisa kaya.

Di dalam budaya kita sendiri (Indonesia), hemat menjadi salah satu kata bijak yang paling populer, yaitu hemat panggal kaya. Bahkan anak-anak kecil sudah hafal dengan kata mutiara ini. Sayangnya tidak banyak orang yang benar-benar dapat mengaplikasikan program hemat ke dalam gaya hidupnya, sehingga banyak yang gagal.

Sebagai manusia yang ingin meraih kesuksesan, tentunya berhemat merupakan salah satu kunci. Apalagi saat ini, tantangan ekonomi global sudah menjadi-jadi. Tidak sedikit para ekonom yang mengkhawatirkan hal ini dan Indonesia diprediksi akan dilanda krisis ekonomi seperti tahun 1997-1998 jika tidak memikirkan dengan matang untuk menghadapinya.

Maka dari itu, ada beberapa tips atau cara berhemat yang dapat membuat kamu bahagia di hari-hari nanti.

Jauhkan Diri Dari Berhutang

Stop Berhutang

Kalau kamu menyimpan uang, usahakan untuk menutup diri dari berhutang. Dengan memiliki beban hutang, kamu akan segera berat untuk menyisihkan uang karena sebagian dari penghasilan kamu harus terkuras untuk membayar cicilan hutang.

Buat Tujuan

Buat tujuan

Biar simpan uangnya makin semangat, buatlah semacam tujuan atau target dari hasil tabungan kamu. Dengan begitu, akan memotivasi kamu untuk bersemangat dalam menyimpan uang. Biar makin terorganisir, jangan lupa untuk membuat target waktunya yah sobat jurnis.

Berhenti Merokok

Stop Merokok

Kalau kamu seorang perokok, coba untuk lepas dari kebiasaan buruk dan merusak kesehatan tersebut. Selain hidup jadi lebih sehat, kamu bisa memangkas pengeluaran kamu untuk dialokasikan ke tabungan atau keperluan lainnya.

Bawa Bekal dari Rumah

Bawa Bekal dari Rumah

Salah satu pengeluaran terbesar adalah jajan, demi memangkas pengeluaran kamu bisa menyiapkan bekal dari rumah. Tidak hanya lebih sehat karena terjamin kesehatannya, biaya yang kamu keluarkan juga lebih sedikit dan efisien.

Pangkas Pengeluaran

Pangkas Pengeluaran

Meski jumlah yang dikeluarkan tidak terlalu besar, kamu pasti sering membuat pengeluaran untuk hal yang seharusnya tidak perlu. Nah, kamu bisa memangkas uang tersebut untuk disimpan. Contohnya, makan-makan diluar bersama teman-teman, pergi liburan ke luar kota, atau membeli barang diskon yang sebenarnya tidak penting. Hal-hal semacam itulah yang harus dikurangi.

Jadi, kamu mau berhemat atau tetap boros dan menghamburkan uang dengan hal-hal yang tidak penting? Yuk berhemat untuk masa depan yang lebih baik.

Penulis: Muhammad Fajar Aditya

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X