Responsive image

TGB: Umat Islam Harus Mencontoh Langkah Rasulullah Membangun Madinah

TGB: Umat Islam Harus Mencontoh Langkah Rasulullah Membangun Madinah

MAGELANG (Jurnalislam.com) – Gubenur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Madji M.A mengatakan, kemenangan umat Islam akan diraih jika mencontoh langkah Rasulullah SAW ketika membangun Madinah.

Yang pertama, yaitu menjadikan masjid sebagai sentral semua kegiatan umat. “Rasulullah ketika hijrah ke Madinah pertama kali yang beliau lakukan adalah mendirikan masjid. Dalam hal ini masjid sebagai pusat pengendalian segala permasalahan masyarakat,” terangnya dalam Safari Dakwah di Masjid Ittihad, Magelang, Ahad(14/5/2017).

Kedua adalah membuka pasar. TGB menjelaskan, umat Islam harus memperkuat perekonomian agar tercipta masyarakat Islam yang mandiri.

Terakhir, umat Islam harus memperkuat ukhuwah Islamiyah meskipun berbeda organisasi dan kelompok.

“Sebagaimana Rasulullah tetap menyebut kaum muslimin dengan nama kelompok masing-masing, dengan demikian berarti Islam mengakui adanya kelompok-kelompok, organisasi-organisasi, asal mereka bersaudara,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, TGB Muhammad Madji menggelar safari dakwahnya di beberapa kota di Jawa Tengah sejak 12 Mei hingga 14 Mei 2017. Sebelumnya, TGB telah mengunjungi Yogyakarta dan Sleman.

Bagikan
Close X