Taliban Serbu Markas Militer, 20 Pasukan Tewas

Taliban Serbu Markas Militer, 20 Pasukan Tewas

AFGHANISTAN (Jurnalislam.com) – Taliban menyerbu markas administrasi militer distrik Sayaad di Afghanistan utara pada Malam Tahun Baru, menewaskan sedikitnya 20 pasukan keamanan, kata seorang pejabat pada hari Selasa (1/1/2019).

Noor Mohammad Rehmani, ketua dewan provinsi, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa 20 orang juga terluka dalam serangan itu.

Markas administrasi distrik biasanya menampung semua kantor publik di dalam satu gedung dengan dinding-dinding pembatas, seperti kantor polisi distrik, direktorat untuk kesehatan, pendidikan, dan layanan publik lainnya.

Rehmani memperingatkan distrik itu mungkin jatuh ke tangan Taliban jika pasukan tambahan tidak segera dikirim untuk menyelamatkan.

Qari Yosuf Ahmadi, juru bicara Taliban, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, dengan mengatakan tiga pos pemeriksaan diserang dan sejumlah kendaraan, senjata serta amunisi disita semalam.

Baca juga:

Serangan ini terjadi dengan latar belakang rencana AS baru-baru ini untuk melakukan pembicaraan dengan Taliban guna mengakhiri perang Amerika terpanjang.

Negosiator perdamaian utama AS, Zalmay Khalilzad bertemu dengan perwakilan Taliban di UEA bulan lalu, tetapi para mujahid terus menghindari pertemuan dengan pejabat Afghanistan yang dianggap sebagai boneka AS.

Taliban dalam diplomasi yang mereka tentukan bertemu dengan perwakilan dari sejumlah negara dalam beberapa pekan terakhir di lokasi yang berbeda.

Zabiullah Mujahid, juru bicara Taliban lainnya, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka juga mengirim delegasi ke Teheran untuk mengadakan pembicaraan mengenai situasi Afghanistan.

Bahram Qasemi, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, sebelumnya mengatakan pembicaraan itu dilakukan dengan sepengetahuan pemerintah Afghanistan dengan rencana  menetapkan parameter untuk negosiasi antara Taliban dan pemerintah Afghanistan.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X