Taliban Rilis Video Latihan Pasukan Komando

Taliban Rilis Video Latihan Pasukan Komando

AFGHANISTAN (Jurnalislam.com) – Taliban merilis video pelatihan “pasukan komando” di sebuah kamp yang konon berlokasi di Afghanistan. Video itu adalah yang terbaru dalam serangkaian video Taliban yang menunjukkan para pejuangnya melakukan latihan.

Video ini diproduksi oleh Manba ‘Al-Jihad Media dan klip pendeknya (di atas) diterbitkan di feed Twitter juru bicara Zabihullah Mujahid. Video tersebut memuat logo Manba ‘Al-Jihad Media, saluran media utama untuk Jaringan Haqqani, sebuah faksi integral Taliban yang bersekutu erat dengan al Qaeda dan kelompok-kelompok mujahid asing lainnya. Manba ‘Al-Jihad Media diintegrasikan ke dalam perangkat media Taliban bertahun-tahun yang lalu. Sirajuddin Haqqani, kepala Jaringan Haqqani, adalah wakil amir Taliban. Ayahnya, Jalaluddin, yang baru saja meninggal dunia, ditampilkan dalam video, lansir Long War Journal, Rabu (26/12/2018)

Sedikitnya 70 “pasukan komando” ditunjukkan melakukan berbagai tahap pelatihan, termasuk berbaris dan senam. Pada satu titik, dalam sebuah adegan yang mengingatkan pada video pelatihan al Qaeda dari beberapa dekade lalu, para peserta pelatihan melompat melewati lingkaran yang terbakar. Para pejuang mengenakan seragam baru dan wajah mereka ditutupi balaclava putih.

Lokasi kamp tidak diungkapkan, tetapi tweet tersebut mengindikasikan bahwa lokasi tersebut berada di Afghanistan. Kamp itu tampaknya bersifat sementara; tidak ada bangunan tetap yang ditunjukkan dan para pejuang Taliban dilatih dalam lapangan terbuka yang dikelilingi oleh pepohonan.

Baca juga: 

Walaupun Taliban mengatakan kamp itu terletak di Afghanistan, ada kemungkinan kamp itu berada di Pakistan, di mana Taliban beroperasi tanpa hambatan. Jika terletak di Afghanistan, keberadaan kamp tersebut semakin menyoroti situasi keamanan yang memburuk. Jika terletak di Pakistan, maka kamp tersebut menyoroti dukungan Pakistan yang tak tergoyahkan untuk Taliban.

Di mana pun lokasi kamp, ​​jelas bahwa Taliban tidak khawatir akan diserang. Bendera Taliban dipajang secara mencolok di seluruh area pelatihan, termasuk pada tujuh kendaraan yang diparkir secara teratur.

Taliban secara terbuka menunjukkan sedikitnya 20 kamp pelatihannya sejak akhir 2014. Pada akhir 2015, Taliban mengumumkan bahwa Khalid bin Walid Camp mengoperasikan 12 fasilitas satelit di seluruh Afghanistan, dan memiliki kapasitas untuk melatih hingga 2.000 rekrutmen dalam satu waktu. Selain itu, Kamp Khalid bin Walid dikatakan melatih anggota baru di delapan provinsi (Helmand, Kandahar, Ghazni, Ghor, Saripul, Faryab, Farah dan Maidan Wardak) dan memiliki sekitar 300 pelatih dan sarjana militer.

Kelompok-kelompok jihadis lainnya, termasuk al Qaeda, juga diketahui mengoperasikan kamp di Afghanistan. Pada 2015, AS menyerang sebuah kamp al Qaeda di distrik Bermal di Paktika, dan dua lainnya di distrik Shorabak di provinsi Kandahar. Komandan Pasukan AS yang akan keluar dari Afghanistan, Jenderal John Campbell, mengatakan bahwa salah satu kamp di Shorabak adalah yang terbesar di Afghanistan sejak AS menginvasi pada tahun 2001. Al Qaeda juga mengoperasikan kamp di Kunar dan Nuristan.

Harakat-ul-Mujahidin, kelompok jihadis Pakistan yang dekat dengan al Qaeda, “mengoperasikan kamp pelatihan di Afghanistan timur,” kata pemerintah AS pada tahun 2014. Partai Islam Turkistan, Uni Jihad Islam, dan Jamaat Bukhari Jamaat, sebuah Kelompok jihadis Uzbek yang beroperasi di Suriah dan Afghanistan, semuanya mengaku mengoperasikan kamp di Afghanistan.

Bagikan

2 thoughts on “Taliban Rilis Video Latihan Pasukan Komando

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X