Serangan Udara AS Bunuh 85 Warga Sipil di Manbij, Suriah

Serangan Udara AS Bunuh 85 Warga Sipil di Manbij, Suriah

SURIAH (Jurnalislam.com) – Sedikitnya 85 warga sipil tewas pada Selasa dalam serangan oleh pesawat koalisi pimpinan AS di kota Manbij yang dikendalikan Islamic State (IS) di Suriah utara, menurut sumber-sumber lokal.

Serangan udara menargetkan sekelompok warga sipil yang berusaha melarikan diri dari bentrokan di desa Tukhar di Manbij, salah satu sumber mengatakan kepada Anadolu Agency, Selasa (19/07/2016) meminta anonimitas karena masalah keamanan.

“Seluruh keluarga telah tewas dalam serangan itu,” kata sumber itu, menambahkan bahwa serangan udara melukai sedikitnya 100 orang.

Pada bulan Juni, sebuah koalisi pejuang Kurdi dan Arab, yang didukung oleh pesawat koalisi pimpinan AS, melancarkan serangan untuk merebut Manbij dari IS.

Suriah telah terkunci dalam perang global sejak awal 2011, ketika rezim Syiah Nushairiyah Bashar al-Assad menumpas protes unjuk rasa – yang meletus sebagai bagian dari pergerakan Arab Spring – dengan kebrutalan militer tak terduga.

Sejak itu, lebih dari seperempat juta orang telah tewas dan lebih dari 10 juta pengungsi di seluruh negeri babak belur akibat perang, menurut PBB.

Namun Pusat Penelitian Kebijakan Suriah menyebutkan korban tewas akibat konflik enam tahun di Suriah berjumlah lebih dari 470.000 orang.

 

 

Bagikan
Close X