Ranu Muda dan Anggota LUIS Didakwa 5 Pasal Sekaligus

Ranu Muda dan Anggota LUIS Didakwa 5 Pasal Sekaligus

SEMARANG (Jurnalislam.com) – Anggota Jurnalis Islam Bersatu (JITU), Ranu Muda Adi Nugroho beserta tujuh anggota Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS) didakwa jaksa dengan 5 pasal berlapis, lapor Islamic News Agency (INA).

Sidang perdana kasus kriminalisasi anggota JITU Ranu Muda digelar pada pagi ini, (21/3/2017) di ruangan Kusuma Atmaja, Pengadilan Negeri Semarang.

Agenda sidang kali ini adalah pembacaan dakwaan dari jaksa penuntut umum.

Terkait kasus penyerangan Cafe Social Kitchen yang melibatkan 8 anggota LUIS dan wartawan Panjimas, Ranu Muda, jaksa penuntut mendakwa mereka bersama-sama dengan 5 pasal sekaligus.

Di antaranya adalah Pasal 170 ayat 1 tentang menggunakan kekerasan terhadap orang atau barang dengan terang-terangan dan dengan tenaga bersama.

Pasal 170 ayat 1 jo Pasal 56 ayat 2 tentang memberi kesempatan, sarana atau keterangan untuk melakukan kejahatan dengan terang-terangan dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang atau barang.

Pasal 169 ayat 1, turut serta dalam perkumpulan yang bertujuan melakukan kejahatan atau turut serta dalam perkumpulan lainnya yang dilarang oleh aturan-aturan umum.

Pasal 406 ayat 1 jo Pasal 55 ayat 1, sebagai orang yang melakukan, menyuruh melakukan atau turut melakukan perbuatan dengan sengaja dan secara melawan hukum, menghancurkan, merusakkan, membuat hingga tidak bisa dipakai lagi atau menghilangkan suatu benda, yang seluruhnya atau sebagiannya kepunyaan orang lain, yaitu dalam hal ini milik Cafe Social Kitchen.

Pasal 167 ayat 1 jo pasal 55 ayat 1 KUHP sebagai orang yg melakukan, menyuruh melakukan atau turut melakukan oerbuatan memaksa masuj ke dalam rumah, ruangan atau pekarangan tertutup yg dipakai orang lain dengan melawan hukum.

Reporter: Fajar Shadiq | INA

Bagikan
Close X