PM Israel Jadi Terdakwa Kasus Suap, Penipuan, dan Pelanggaran Kepercayaan

PM Israel Jadi Terdakwa Kasus Suap, Penipuan, dan Pelanggaran Kepercayaan

TEL AVIV (Jurnalislam.com) – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah didakwa dengan tuduhan suap, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan. Dakwaan menjadikannya perdana menteri pertama yang menghadapi penuntutan.

Berita itu muncul ketika pemerintah sementara Israel diperintahkan hari ini untuk membentuk pemerintahan setelah Netanyahu gagal menyatukan satu koalisi dalam dua pemilihan tahun ini.

Netanyahu terjerat dalam empat skandal politik. Pertama, kasus 1000 yang melibatkan tuduhan bahwa PM dan istrinya menerima hadiah ilegal dari pengusaha. Kedua, kasus 2000 yang menuduh Netanyahu berusaha membeli liputan surat kabar yang menguntungkan.

Ketiga, kasus 3000, juga dikenal sebagai “skandal kapal selam”; dan terakhir Kasus 4000, di mana rekanan dekat Netanyahu diduga memberikan informasi rahasia kepada perusahaan telekomunikasi terbesar Israel.

Bezeq dan Walla! pemilik Shaul Elovitch dan istrinya, Iris, juga didakwa hari ini karena suap dan menghalangi keadilan sebagai bagian dari Kasus 4000. Selain itu, pemilik Yedioth Ahronoth, Arnon Nuni Mozes, didakwa melakukan penyuapan sebagai bagian dari Kasus 2000.

Netanyahu, yang telah membantah kesalahan dalam tiga kasus korupsi, tidak berkewajiban untuk mengundurkan diri setelah didakwa dan akan membuat pernyataan nanti.

Dia sebelumnya menolak penyelidikannya itu sebagai sebuah”perburuan penyihir” (witch hunt).

Sumber: MEMO

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X