Responsive image
Responsive image
Responsive image

Perkuat Kecerdasan Literasi Siswa, SMP Muhammadiyah PK Gelar Festival Bulan Bahasa

Perkuat Kecerdasan Literasi Siswa,  SMP Muhammadiyah PK Gelar Festival Bulan Bahasa

SURAKARTA(Jurnalislam.com)--SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar Festival Bulan Bahasa (FBB) secara virtual pada Kamis (28/10). Kegiatan yang bertajuk Cerdas Literasi, Semangat Berprestasi tersebut tidak hanya diikuti siswa internal sekolah, tetapi juga siswa SD/MI se-Solo Raya yang sebelumnya mengikuti lomba bulan bahasa.

 

Tujuan diselenggarakan Festival Bulan Bahasa di sekolah, menurut Muhdiyatmoko, M.Pd., adalah dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober yang juga identik dengan bulan bahasa. “Kegiatan ini sebagai sarana menginternalisasi nilai-nilai kejuangan yang telah dirintis oleh para pendahulu kita. Maka sesuai tema, kita berharap para siswa semangat belajar, kebersamaan, dan sosial budaya sehingga terus berpacu meraih prestasi setinggi-tingginya,” ungkap Kepala SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta di sela-sela acara.

 

Muhdiyatmoko menambahkan penampilan para siswa seperti menyanyi lagu daerah, membaca puisi, nembang basa Jawa, bermain musik, dan sebagainya tersebut yang ditampilkan secara langsung di youtube PK TV sebagai sarana untuk menyalurkan bakat, mengasah kreativitas, motivasi, dan inspirasi bagi siswa lain. “Meskipun pandemi, kreativitas dan prestasi siswa tetap jalan terus,” tandasnya.

 

Acara Festival Bulan Bahasa dimeriahkan dengan penampilan para siswa dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 ketat. Aji Muhammad  Raihan siswa kelas 7 membuka acara dengan nembang lagu Jawa lalu diikuti dengan tampilan siswa lain seperti mengaji, membacakan naskah sumpah pemuda, menyanyi, dan mendongeng. Akhir acara diumumkan pemenang lomba bulan bahasa baik yang diikuti internal maupun eksternal sekolah.

 

Lomba Semarak Bulan Bahasa yang digelar secara eksternal diikuti kurang lebih ratusan siswa SD/MI se-Solo Raya sejak 25 September s.d 25 Oktober 2021. Lomba tersebut meliputi lomba membaca berita, membaca puisi, story telling, dai cilik, dan nembang. Adapun lomba internal sekolah meliputi lomba podcast dan film pendek.

 

Pemenang lomba dai cilik meliputi juara 1, Hilma Al Fabiya Afifi    dari MI Muhammadiyah Bentak ; Juara 2 Nida Zhafirah dari      SD IT Ulil Albab Gondang Rejo Karanganyar;  dan Juara 3 Muhammad Sultan Zhafran dari SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen; dan juara favorit adalah Jabbar ‘Afi Sadid Hakiki     SD Muhammadiyah Klaten Utara.

 

Pemenang lomba nembang meliputi juara 1 Lipursari Ariska Putri dari         SD IT Bina Insani Banyudono Boyolali; juara 2 Shakilla Alifiana Dewi dari             SD Muhammadiyah Program Khusus Polanharjo; Juara 3 Niyaz Hanania           SDIT Alif Smart Surakarta; juara favorit Hafiy Tsaqif Alfarizi dari SD Muhammadiyah 2 Surakarta.

 

Pemenang lomba story telling meliputi juara 1 Galuh Janitra Maheswari      SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen; juara 2 Anindya Hayuningdyah Kinanti dari         SD Muhammadiyah Klaten Utara; juara 3 Azfa Azadella SDIT Ulil Albab Gondangrejo; juara favorit Almaira Oktavia M.P  dari MIN 9 Sragen.

 

Pemenang lomba membaca berita meliputi juara 1 Ollavia Azilia Wiyono dari         MI Muhammadiyah Bentak; juara 2 Prissy Islami Java Nusantara  dari SD Muhammadiyah 8 Jagalan    ; juara 3 Rafah Jamaludin dari SD Ulil Albab Gondangrejo         ; juara favorit Salwa Aqila Nur Mumtazah SD Muhammadiyah Klaten Utara.

 

Pemenang lomba membaca puisi meliputi juara 1 Aqisha Nayla Raisya        dari SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen; Nada Devi Nur Khasanah dari MIN 9 Sragen; Juara 3 Abdurrahman Nur Fauzan dari SD IT Insan Mulia Surakarta; juara favorit Salwa Aqila Nur Mumtazah dari SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen.

 

Sementara itu, Dara Latifah Azzahra dan Nabiila Alya Hernanda, siswa kelas 9, sangat terkesan diberikan kesempatan tampil menyanyikan lagu daerah dalam acara Festival Bulan Bahasa. “Tadi menyanyikan lagu daerah agar teman-teman mengetahui lagu daerah. Sebagai pemuda Indonesia kita patut bangga terhadap lagu daerah yang sangat bagus,” ungkap siswi yang tergabung dalam ekstrakurikuler musik.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X