Pakar: Perlu Disiplin Isolasi untuk Putus Penyebaran Wabah

Pakar: Perlu Disiplin Isolasi untuk Putus Penyebaran Wabah

JAKARTA(Jurnalislam.com) – Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI), dr Masdalina Pane menyebut pemerintah Indonesia perlu melakukan perubahan sistem pengendalian penularan Covid-19.Dia menilai langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19, yang ampuh hanya dapat dilakukan dengan melakukan isolasi.

 

“Upaya memutus rantai penularan hanya bisa dilakukan melalui isolasi, dan karantina yang disiplin,” kata Masdalina kepada iNews.id saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (5/1/2020).

Dia menilai anggaran testing yang selama ini digelontorkan hanya seperti dihambur hanya untuk menambah angka positif covid-19 bukan untuk menyembuhkan. Epidemiolog banyak mendapatkan kasus ringan bahkan tanpa gejala di rumah sakit.

Hal itu membuktikan kekuatan penuh pemerintah hanya untuk mendeteksi bukan untuk penyembuhan. Bahkan banyak pasien yang dalam kondisi berat atau kritis kehabisan ruang karena banyak orang tanpa gejala yang ditampung di RS.

Dia menilai, sistem pengendalian Covid saat ini harus diubah, anggaran yang sebelumnya banyak terkuras untuk testing harus dialih fungsikan untuk memberikan bantuan kepada keluarga yang terdampak Covid-19.

“Daripada uangnya dipakai untuk testing tidak selesai-selesai, mending diberikan pada warga sebagai bantuan program karantina,” jelasnya.

Sumber: okezone.com

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X