Responsive image

Menhan: Pesawat Rusia Hancur Ditembak Rezim Assad karena Ulah Jet Tempur Israel

Menhan: Pesawat Rusia Hancur Ditembak Rezim Assad karena Ulah Jet Tempur Israel

SURIAH (Jurnalislam.com) – Presiden Rusia Vladimir Putin jelas berupaya menenangkan ketegangan setelah menteri pertahanan negaranya menuduh Israel melakukan tindakan “permusuhan” dengan mengatakan jatuhnya pesawat militer Rusia oleh pertahanan udara Suriah adalah hasil dari “rantai tragis kejadian.”

Sebuah pesawat militer Rusia dijatuhkan oleh rudal Suriah di Laut Mediterania, menewaskan 15 orang di dalamnya, kata kementerian pertahanan Rusia.

Moskow menyalahkan Israel atas kecelakaan itu, mengatakan pesawat pengintai itu terperangkap dalam baku tembak ketika empat jet tempur Israel menyerang sasaran di barat laut Suriah.

Baca juga: 

“Para pilot Israel menggunakan pesawat Rusia sebagai tameng dan mendorongnya ke dalam barisan pertahanan Suriah,” kata jurubicara kementerian, Mayor Jenderal Igor Konashenkov dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (18/9/2018).

Rusia mengatakan akan membuat “respons yang tepat” bagi Israel.

Militer Rusia mengatakan pesawat pengintai Il-20 diserang saat berada 35 km di lepas pantai Suriah saat kembali ke pangkalannya di dekatnya.

Seorang juru bicara militer Israel ketika ditanya tentang laporan serangan Israel dan pesawat Rusia tersebut mengatakan: “Kami tidak mengomentari laporan asing.”

Selama beberapa tahun, Israel dan Rusia mempertahankan jaringan komunikasi khusus untuk mencegah pasukan udara mereka bentrok di langit di atas Suriah.

Baca juga: 

Para pejabat militer Israel sebelumnya memuji keefektifan jaringan komunikasi khusus tersebut.

Sekitar waktu pesawat itu menghilang, kota pesisir Suriah, Latakia – dekat pangkalan udara Khmeimim Rusia tempat Il-20 kembali – diserang “rudal musuh”, dan baterai pertahanan rudal menanggapi, media pemerintah Suriah melaporkan.

Militer Rusia mengatakan Israel memberi peringatan kepada mereka mengenai operasinya di provinsi Latakia satu menit sebelum serangan, yang tidak memberi cukup waktu bagi pesawat Rusia untuk mundur.

Reporter Al Jazeera Rory Challands, melaporkan dari Moskow, mengatakan perkembangan terakhir akan menguji hubungan Rusia-Israel.

Baca juga: 

“Kementerian luar negeri Rusia telah memanggil duta besar Israel Gary Koren sehingga dia dapat menjelaskan apa yang terjadi,” kata Challands.

“Ini adalah perkembangan yang cukup serius dalam perang Suriah,” katanya.

Rusia campur tangan dalam konflik Suriah untuk menopang rezim Syiah Suriah Bashar al-Assad pada 2015.

Moskow sebelumnya sudah kehilangan pesawat selama operasi Suriah.

Baca juga: 

Pada November 2015, Turki menembak jatuh sebuah pesawat perang Rusia di dekat perbatasan Suriah, yang memicu perselisihan diplomatik antara Ankara dan Moskow.

Pada tahun 2016, pesawat milik Kementerian Pertahanan Rusia Tu-154, membawa 92 orang dan juga dalam perjalanan ke Khmeimim, jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara Sochi, menewaskan semua penumpangnya.

Pada bulan Februari tahun ini, mujahidin Suriah menembak jatuh jet Sukhoi 25 di provinsi Idlib.

Bagikan

One thought on “Menhan: Pesawat Rusia Hancur Ditembak Rezim Assad karena Ulah Jet Tempur Israel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X