Literasi Keuangan Syariah Penting Bagi Keluarga

Literasi Keuangan Syariah Penting Bagi Keluarga

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Ahad (17/2/2019) hadir menjadi salah satu panelis pada Halaqah Dakwah dan Literasi Keuangan Syariah di Pondok Pesantren Cendekia Amanah Depok.

Hadir sebagai panelis lainnya, praktisi keuangan Gus Reza M. Syarif dan pimpinan Pondok Pesantren Cendekia Amanah Depok  KH. M. Cholil Nafis yang juga merupakan Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI

Menag mengapresiasi tema halaqah yang ia nilai sangat penting. Menurutnya, literasi keuangan syariah sangat penting dan relevan dengan keluarga.

Ia mengungkapkan, faktor penyebab perceraian  salah satunya disebabkan karena masalah keuangan keluarga. Oleh karenanya, ujar Menag, tema yang diangkat dalam halaqoh ini sangat relevan.

“Saat ini kita perlu memberikan literasi tentang bangunan keluarga yang kokoh, di antaranya melalui literasi keuangan syariah,” ucapnya.

Menag menyampaikan, Kemenag  fokus menjalankan program bagi ketahahan keluarga di antaranya melalui bimbingan perkawinan bagi setiap pasangan yang akan menikah.  Menurutnya, keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat.

“Bila keluarga berkualitas, maka masyarakat tersebut juga baik,” ungkapnya.

Pondok Pesantren Cendekia Amanah Depok  berada di areal atau lahan wakaf yang cukup luas,  tampak bangunan masjid yang masih dalam tahap pembangunan, belum banyak bangunan sarana pesantren yang berdiri.

Menag  mengungkapkan, pontren dalam konteks Indonesia tidak hanya semata sebagai lembaga pendidikan Islam semata, tapi jauh sebelumnya merupakan lembaga dakwah, lebih luas dari semata sebagai lembaga pendidikan.

“Bahkan tidak hanya lembaga dakwah semata, juga lembaga yang senantiasa merawat tradisi yang baik yang ditinggalkan leluhur kita. Karena sesuatu  yang baik, maka kemudian itu dijaga, dikembangkan dan terus berksinambungan untuk senantiasa menebarkan kemaslahatan sebanyak mungkin bagi masyarakat,” ujar Menag.

Menag mengungkapkan  rasa syukurnya bisa menyaksikan awal perintisan pondok pesantren  tersebut. Ia berharap, apa yang dirintis seluruh civitas pondok pesantren Cendekia Amanah bisa terwujud.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan surat Izin Madrasah Diniyah Takmiliyah Cendekia Amanah yang diserahkan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Buchori.

Tampak hadir selain para pimpinan pondok dan santri, Ketua MUI Ahmad Baidhowi dan mantan  Menteri Perindustrian Saleh Husin.

sumber : kemenag.go.id

Bagikan

One thought on “Literasi Keuangan Syariah Penting Bagi Keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X