Lebih dari 1,8 Juta Jamaah Tiba di Arab Saudi untuk Ibadah Haji Tahun Ini

Lebih dari 1,8 Juta Jamaah Tiba di Arab Saudi untuk Ibadah Haji Tahun Ini

JEDDAH (Jurnalislam.com) – Dirjen Paspor Mayor Jenderal Sulaiman Al-Yahya mengungkapkan bahwa lebih dari 1,8 juta jamaah telah masuk untuk ibadah haji tahun ini dalam sebuah konferensi pers di Kamar Dagang dan Industri Jeddah pada hari Senin, Al Arabiya melaporkan Selasa (29/8/2017).

“Lebih dari 1,6 juta jamaah tiba di bandara, 88.500 diantaranya berasal dari pos pemeriksaan perbatasan sementara 14.800 berasal dari pelabuhan laut. Lebih dari 134.000 jamaah adalah warga Saudi dan 109.000 adalah ekspatriat di antara jemaah haji domestik,” katanya.

Direktorat Paspor juga mencatat bahwa mereka telah memberikan 73.488 lisensi kepada ekspatriat yang bekerja di sektor transportasi di tempat-tempat suci.

Menurut Al-Yahya, direktorat tersebut telah menyita 5 kendaraan, memenjarakan 375 pelanggar dan mengumumkan (Tashhir) 22 sambil menambahkan bahwa departemen tersebut juga mengumpulkan 1.7 juta Riyal dari pelanggar.

Dia mengatakan, “Departemen tersebut telah menangkap 64 kasus pemalsuan dari luar Kerajaan dan mereka terutama orang-orang yang dulu tinggal di Arab Saudi dan mencoba memasuki Kerajaan lagi.”

Al-Yahya mengatakan bahwa mereka telah berhasil mencoba sistem baru di mana mereka menyelesaikan prosedur jamaah sebelum mereka tiba di Kerajaan untuk menghindari antrean panjang di bandara Saudi.

Untuk mempercepat prosesnya, sistem baru ini diterapkan pada 1.692 jamaah Malaysia dan hasilnya sedang dipelajari dan ketika disetujui oleh pejabat, akan dilaksanakan dalam skala yang lebih besar, mencakup negara-negara lain.

Bagian paspor telah menyiapkan empat titik pemeriksaan yang bekerja sepanjang waktu yaitu Al-Shumaisi, Al-Taneem, Al-Buhaita dan Al-Kar.

Dia menambahkan, “Wanita juga terlibat dalam proses pengecekan dan dilatih untuk melakukan berbagai tugas. Di masa depan penumpang wanita akan diberi kesempatan untuk memilih apakah mereka menginginkan petugas pria atau wanita dalam menyelesaikan prosesnya

Bagikan
Close X