Responsive image
Responsive image
Responsive image

KSPI Minta Buruh Isoman Difasiltiasi Vitamin Melalui BPJS

KSPI Minta Buruh Isoman Difasiltiasi Vitamin Melalui BPJS

JAKARTA(Jurnalislam.com) – Presiden KSPI (Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia) Said Iqbal mengatakan KSPI meminta presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan presiden (Perpres) Darurat Covid-19. Agar buruh terjangkit Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (Isoman) bisa memperoleh vitamin dan obat gratis melalui BPJS.

Data KSPI ungkap selama dimulainya PPKM darurat hingga hari ini, lebih dari 10% pekerja buruh disektor manufaktur baik padat karya maupun padat modal terpapar covid 19.

“Bahkan salah satu perusahaan otomotif di Bekasi dalam catatan kami sudah 15 orang meninggal dunia. Di Bandung lebih dari 5 orang, di Purwakarta lebih dari 20 buruh sudah meninggal dunia terpapar covid 19 setelah sebelumnya dilakukan tes PCR oleh perusahaan masing-masing,” ungkap Iqbal dalam keterangan pers di FNN TV, Kamis (15/07/2021).

Lebih lanjut menurut Iqbal metode penyekatan PPKM dinilai tidak efektif karena faktanya semua perusahaan manufaktur masih tetap bekerja 100%, data itu adalah mengapa sekarang terjadi klaster buruh atau klaster pabrik.

“Karena pabrik manufaktur itu tidak mungkin melakukan WFH (Work From Home) karena proses produksi di setiap stasiun kerja itu saling terkait seperti mata rantai. Dengan demikian penyekatan itu tidak punya makna, karena setiap perusahaan mempunyai izin beroperasi dari menteri perindustrian,” katanya.

Temuan KSPI juga mengungkap ada wanti-wanti terselubung bagi buruh yang isolasi mandiri dirumah, mereka dilarang lapor ke satgas covid,

“Ini data fakta, karena kalau dia lapor perusahaan akan ditutup sementara itu yang perusahaan tidak mau. Kalau ditutup sementara pasti buruh akan ada yang dirumahkan, potong gaji bahkan tidak menutup kemungkinan terjadi PHK,” terang Iqbal.

Sedangkan selama isoman 14 hari tidak mungkin buruh membeli vitamin yang harganya mulai mahal,

“Itu semua butuh uang karena BPJS tidak menanggung vitamin dan obat-obatan covid. Akhirnya para buruh beli obat seadanya kalau ada uang. Itulah yang menjelaskan kenapa isolasi mandiri angka kematiannya tinggi coba cek itu pasti rata-rata pekerja buruh,” sambung Iqbal.

“Oleh karena itu kita minta keluarkan perpres darurat covid atau minimal peraturan menteri kesehatan yang membolehkan BPJS kesehatan memeberikan gratis vitamin dan obat-obatan terkait covid 19, karena BPJS kesehatan itu jaringannya luas,” imbuhnya.

Prediksi KSPI kalau PPKM tetap dilanjutkan selama 6 pekan kedepan akan terjadi ledakan PHK ratusan ribu buruh disektor manufaktur.

Kontributor: Bahri

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X