KPU dan Bawaslu Harusnya Mudah Ungkap Kasus di Malaysia

KPU dan Bawaslu Harusnya Mudah Ungkap Kasus di Malaysia

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Pengamat politik Ray Rangkuti menilai, semestinya, tak butuh waktu yang lama bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengungkap kasus pencoblosan surat suara pemilu di Selangor Malaysia.

Karena, menurut Ray, perkaranya sudah sangat terang dan aktivitasnya semua terekam.

 

“Yang keseluruhan itu bisa jadi pintu untuk membuktikan apakah peristiwa itu sistemik, meluas dan terencana. Dan oleh karena itu pula, KPU dan Bawaslu semestinya dengan mudah dan cepat dapat mengurai kasus ini,” kata Ray dalam keterangannya yang diterima Jurnalislam.com, Jumat (12/04/2019).

 

Ray menyatakan, dalam proses pengungkapannya penyelenggara pemilu bisa memulai dengan pertanyaan sederhana, pertama mengapa surat suara tidak ditempatkan di lokasi yang aman dan terawasi?

 

Kedua, mengapa dan bagaimana bisa surat suara dengan jumlah begitu banyak bisa berpindah tempat bahkan masuk ke tempat yang bukan wilayah yuridiksi Indonesia.

 

“Dua pertanyaan ini, saya kira, menjadi awalan untuk menyusun kronologi kasus ini. Tentu ditambah dengan keterangan berbagai pihak, dan bisa jadi misalnya gambar rekaman dari cctv, maka kasus ini sejatinya dapat diungkap dengan cepat. Bahkan dalam hitungan dua hari,” ungkapnya.

 

Oleh karena itu, Ray mendesak KPU dan Bawaslu segera mengungkap dan dengan sendirinya membawa kasus ini ke ranah hukum.

 

Selain, karena modusnya dapat dengan mudah dibongkar, menyelesaikan kasus ini mungkin juga untuk membendung isu yang tidak sesuai dan akhirnya dapat mendelegitimasi dan memanaskan situasi pelaksanaan pemilu.

 

“Tak sulit membayangkan bahwa kasus ini akan jadi konsumsi publik dengan segala macam asumsi yang jika tidak cepat di atasi dengan mengungkap faktanya akan membuat kericuhan sendiri,” tukasnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X