Kedubes Iran di London Diserang oleh Pengikut Tokoh Syiah Irak

11 Maret 2018
Kedubes Iran di London Diserang oleh Pengikut Tokoh Syiah Irak

LONDON (Jurnalislam.com) – Para pengikut sekte Syiah Ayatollah Hossein al-Shirazi menyerbu kedutaan Iran di London pada hari Jumat (09/3/2018) untuk memprotes penangkapan tokoh Syiah Irak di Qom oleh otoritas Iran.

Sebuah saluran berbahasa Persia yang disiarkan dari luar Iran melaporkan bahwa pengikut Shirazi menyerbu kedutaan dan mengangkat bendera pro-Shirazi.

Menurut BBC, polisi Inggris mengatakan mereka menerima sebuah laporan bahwa kedutaan Iran di London diserang pada pukul 16:20 waktu setempat, lansir Alarabiya Sabtu (10/3/2018).

Presiden Perancis Serukan Pembubaran Pasukan Syiah Irak, Al Maliki Berang

Empat orang ditangkap, kata polisi, karena dicurigai melakukan kejahatan dan secara tidak sah berada di tempat diplomatik.

“Keempat orang tersebut telah dibawa ke sebuah kantor polisi di London pusat. Mereka tinggal dalam tahanan di sana,” kata seorang juru bicara polisi.

Tampaknya para pemrotes tidak berhasil masuk ke dalam gedung tersebut.

Juru bicara kementerian luar negeri Iran Bahram Ghasemi mengatakan bahwa Teheran melakukan protes keras kepada pemerintah Inggris atas insiden tersebut, menurut kantor berita negara IRNA.

Wakil menteri luar negeri Iran Abbas Araghchi membuat demonstrasi yang diketahui oleh duta besar Inggris di Teheran, menuntut “perlindungan mutlak terhadap para diplomat kami di London dan segera menangani polisi dan para penyerang,” IRNA mengatakan.

Putra Mahkota Raja Arab Temui Pimpinan Syiah Irak, Muqtada al-Sadr

Dalam sebuah e-mail, duta besar Iran di London, Hamid Baidi Nejad, mengkonfirmasi bahwa penyerang membawa tongkat dan pisau saat mereka menyerbu kedutaan tersebut.

Kantor berita IRNA menggambarkan kejadian di London sebagai “tindakan teroris.”

“Ini adalah pengikut Ayatollah Shirazi, mereka melakukannya secara independen,” kata Qassim al-Fahd, perwakilan media Ayatollah Shirazi di London.

“Mereka tidak memiliki hubungan organisasi dengan Shirazi dan perwakilannya, tanggapan Iran terhadap Irak akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang,” Fahd memperingatkan.