Inggris, Perancis dan Jerman Ajukan Banding ke Saudi atas Hilangnya Khashoggi

Inggris, Perancis dan Jerman Ajukan Banding ke Saudi atas Hilangnya Khashoggi

LONDON (Jurnalislam.com) – Pemerintah Inggris, Prancis, dan Jerman langsung mengajukan banding pada hari Ahad (14/10/2018) ke Arab Saudi “untuk memberikan tanggapan yang lengkap dan rinci” terhadap hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi.

“Membela kebebasan berekspresi dan pers bebas dan memastikan perlindungan bagi jurnalis adalah prioritas utama bagi Jerman, Inggris dan Perancis,” kata pernyataan bersama oleh para menteri luar negeri negara-negara tersebut.

“Dalam semangat ini, perhatian harus ditumpahkan atas hilangnya wartawan Saudi Jamal Khashoggi, dimana pihak keluarga telah kehilangan kontak dengannya sejak 2 Oktober,” kata Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt, Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian, dan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas.

Baca juga: Anggota Kongres AS Galang Dukungan untuk Rilis Data Intelijen atas Khashoggi

Pernyataan bersama itu muncul sehari sebelum pertemuan Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa di Luksemburg.

Menggarisbawahi “keprihatinan serius” bersama yang juga diungkapkan oleh pihak lain, termasuk kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, pernyataan itu mengatakan mereka “memperlakukan insiden ini dengan sangat serius.”

“Perlu ada penyelidikan yang kredibel untuk menetapkan kebenaran tentang apa yang terjadi, dan – jika relevan – untuk mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab atas hilangnya Jamal Khashoggi, dan memastikan bahwa mereka dimintai pertanggungjawaban,” katanya.

“Kami mendorong upaya bersama Saudi-Turki dalam hal itu, dan mengharapkan Pemerintah Saudi untuk memberikan respon yang lengkap dan rinci,” kata pernyataan itu.

“Kami telah menyampaikan pesan ini langsung kepada pihak berwenang Saudi,” tambahnya.

Baca juga: Intel AS Curigai Pangeran Salman Terlibat atas Terbunuhnya Jamal Khashogi

Khashoggi, seorang wartawan terkemuka, telah hilang sejak dia memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Pada hari yang sama dengan kedatangan Khashoggi di konsulat, 15 warga Saudi lainnya, termasuk beberapa pejabat, tiba di Istanbul dengan dua pesawat dan mengunjungi gedung itu saat wartawan itu juga berada di dalam gedung, kata sumber polisi Turki. Semua individu yang diidentifikasi telah meninggalkan Turki.

Otoritas Saudi belum memberikan penjelasan yang jelas tentang nasib Khashoggi, sementara beberapa negara – terutama Turki, AS, dan Inggris – mendesak agar kasus itu diselesaikan secepat mungkin.

Berbicara pada hari Sabtu di London, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan “Arab Saudi harus bekerja sama” dengan memberikan akses ke konsulat kepada jaksa dan para ahli Turki.

Seraya menambahkan bahwa kerja sama sejauh ini gagal mencapai apa yang seharusnya bisa dicapai, ia menambahkan: “Agar semuanya jelas, kami harus mendapatkan ini (akses ke konsulat).”

Bagikan

4 thoughts on “Inggris, Perancis dan Jerman Ajukan Banding ke Saudi atas Hilangnya Khashoggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X