Hakim di Inggris Kutip Ayat al Quran untuk Nasehati Pengikut ISIS di Pengadilan

Hakim di Inggris Kutip Ayat al Quran untuk Nasehati Pengikut ISIS di Pengadilan

LONDON (Jurnalislam.com) – Seorang hakim Inggris menggunakan Ulama Islam dalam menghukum seorang remaja yang dihukum karena melakukan serangan bom terhadap kereta api di pusat kota London, lansir Aljazeera, Senin (26/3/2018).

Ahmed Hassan dijatuhi hukuman minimal 34 tahun penjara pada hari Jumat lalu atas serangan yang dilakukannya di stasiun Parsons Green pada September tahun lalu.

Alat peledak yang dia buat gagal meledak sepenuhnya dan tidak membunuh siapa pun kecuali menyebabkan sedikitnya 30 orang terluka.

Hargai Membom Mekkah 2.500 Point, Polisi Inggris Kejar Penyebar Selebaran Kebencian

Pada persidangan, Hakim Charles Haddon-Cave mengatakan simpatisan kelompok Islamic State (IS) berusia 18 tahun tersebut telah melakukan ‘hiraba’ (terorisme) dan menyebabkan ‘kerusakan’.

Ahmed Hassan

Kedua istilah ini digunakan dalam hukum Islam untuk menggambarkan tindakan pemberontakan dan sering digunakan oleh para da’i dalam konteks modern demi merujuk pada “ekstrimisme”.

“Anda akan memiliki banyak waktu untuk mempelajari Al-Quran di penjara di tahun-tahun mendatang,” kata Hakim Haddon-Cave dalam pidato penutupnya di persidangan Hassan.

Dia menambahkan: “Al-Qur’an dan Islam melarang sesuatu yang ekstrim, termasuk ekstremisme dalam agama. Islam melarang melanggar hukum wilayah di mana seseorang yang tinggal (mukim) atau sebagai tamu. Islam melarang terorisme.

Peduli Ghouta Timur, Warga London Gelar Aksi Unjuk Rasa Desak Inggris Lawan Rezim Assad

“Al-Qur’an dan Sunnah menyatakan bahwa kejahatan melakukan teror untuk ‘menyebabkan kerusakan di muka bumi adalah salah satu kejahatan paling berat dalam Islam “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi (Qs 2:11)”… begitu juga dalam hukum Kerajaan Inggris.”

Hassan tiba di Inggris sebagai pengungsi dari Irak berusia 16 tahun tiga tahun lalu.

Pada saat itu, ia mengaku sebagai yatim piatu yang diculik oleh kelompok IS.

 

Bagikan
Close X