Green Kurban Sinergi Foundation Akan Disalurkan untuk Masyarakat Terdampak Covid

Green Kurban Sinergi Foundation Akan Disalurkan untuk Masyarakat Terdampak Covid

BANDUNG(Jurnalislam.com)–Kurban, ibadah yang menjadi momentum mendekatkan diri pada Sang Maha.

Tak ketinggalan, tahun ini Sinergi Foundation kembali mengajak masyarakat untuk menunaikan ibadah ajaran Nabi Ibrahim AS ini. Hal ini bisa dilakukan melalui program Green Kurban.

Asep Irawan, CEO Sinergi Foundation menyatakan, Green Kurban bukan hanya menawarkan ibadah secara vertikal. Lebih jauh, Green Kurban menawarkan nilai tambah lain yang bisa menyempurnakan ibadah kurban.

“Di Green Kurban, ibadah kita menjadi plus-plus. Ada enam nilai yang diusung oleh Green Kurban. Pertama, Menghijaukan Bumi. Melalui Green Kurban, kita berikhtiar manambah nilai ibadah kurban, dengan memelihara bumi. Sebab setiap 1 hewan yang kita kurbankan di Green Kurban, turut ditanam 1 pohon,” tutur Asep.

Kedua, katanya, Ramah Lingkungan. Ia menegaskan, seluruh proses kurban sangat mengutamakan aspek lingkungan, terutama di isu Zero Waste dan isu kurban tanpa plastik. Dari mulai pengadaan hewan, penyembelihan hewan hingga pendistribusian hewan.

“Alternatif penyaluran tanpa plastic adalah menggunakan bahan alam seperti canting bambu atau daun pisang,” katanya.

Ketiga, distribusi kurban untuk terdampak COVID-19. Selain mengantarkan hewan kurban ke berbagai daerah rawan bencana di Indonesia, terang Asep, Green Kurban pun menyalurkan daging untuk simpul kemiskinan di kota, yang terdampak COVID-19.

“Keempat, memberdayakan peternak di Waqf Integrated Farm. Bertahun-tahun mengelola kurban, proses penyediaan hewan kurban dilakukan melalui program pemberdayaan peternakan. Salah satunya, melalui Waqf Integrated Farm. Adanya Green Kurban, mampu menggerakkan perekonomian berbasis wakaf, khususnya melalui para peternak,” ulasnya.

Ia melanjutkan, “Kelima tentu saja membahagiakan sesama di penjuru negeri. Ibadah kurban kita mewujudkan kebahagiaan, menumbuhkan kedekatan hati, saat hewan kurban menjadi perantara terjalinnya persaudaraan saat berbagi nikmat dari satu potong daging,”

Keenam, hewan Green Kurban sehat & sesuai syariat. Ia menukas, pemilihan hewan kurban dilakukan dengan teliti, baik dari segi fisik, usia, dan juga kesehatan hewan kurban. Setiap prosesnya, dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

“Dengan ibadah dan kebaikan plus-plus di Green Kurban, tentunya masyarakat tak perlu bingung lagi berkurban di mana. Kami mengajak masyarakat untuk berkurban di Green Kurban,” tandasnya.

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X