Gotong Royong Masyarakat dan Dukungan Pemerintah, Kunci Tangkal Corona

Gotong Royong Masyarakat dan Dukungan Pemerintah, Kunci Tangkal Corona

JAKARTA(Jurnalislam.com)–Masyarakat diminta membantu pemerintah mengatasi persoalan Covid-19dengan mematuhi aturan pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19.

Namun, pemerintah pusat dan daerah harus memastikan kebutuhan warga terdampak Covid-19 terpenuhi.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily Jumat (24/4) mengatakan, pihaknya telah menyerahkan bantuan yang terdiri dari sembako, alat pelindung diri (APD) dan handwash station di Kelurahan Warga Mekar, BaleEndah, Bandung, pada Kamis (23/4).

Pada kesempatan itu ia meminta masyarakat harus disiplin untuk bekerja di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ace juga mengajak warga turut berpartisipasi dalam penanganan Covid-19 secara gotong royong. Hal itu dapat dilakukan dalam sebuah komunitas terkecil di masyarakat. Untuk itu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang terkena dampak Covid-19 perlu mendapatkan dukungan sepenuhnya dari seluruh masyarakat.

Menurutnya, semangat gotong royong dan solidaritas sosial harus dihidupkan kembali melalui komunitas warga pada lingkungan terkecil di masyarakat. “Seperti RT atau kampung untuk saling membantu jika ada di antara warga yang kekurangan kebutuhan pokok,” katanya.

Hal tersebut dilakukan kata Ace, agar dapat mencegah terjadinya konflik di masyarakat akibat dampak Covid-19. Saat ini, Covid-19 memberi dampak nyata terhadap kehidupan warga.

Menurutnya, banyak dari mereka yang kehilangan pekerjaan dan  pendapatan. Itulah sebabnya, masyarakat mengalami tekanan ekonomi. “Dengan demikian, kemungkinan potensi adanya konflik sosial dalam masyarakat dapat diantisipasi dengan sebaik-baiknya,” katanya

Pada dasarnya masyarakat Indonesia memiliki daya tahan modal sosial yang tinggi di saat menghadapi tekanan sosial ekonomi akibat berbagai masalah yang sedang terjadi saat ini. Untuk itu perlu terus dibangum optimisme di seluruh lapisan masyarakat.

sumber: republika.co.id

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X