FOZ Sayangkan LAZ Sudah Disebut Danai Teroris, Padahal Penyelidikan Belum Tuntas

FOZ Sayangkan LAZ Sudah Disebut Danai Teroris, Padahal Penyelidikan Belum Tuntas

JAKARTA(Jurnalislam.com)–Forum Zakat (FOZ) mendukung upaya aparat untuk mengusut lebih dalam tentang tuduhannya bahwa ada yayasan yang menggunakan kotak amal untuk membiayai terorisme.

Namun, lembaga yang menaungi lembaga-lembaga zakat ini menyayangkan sudah disebutkannya entitas lembaga amil zakat mendanai kegiatan terorisme, padahal proses pengusutan belum tuntas.

“Kami mendukung upaya pembuktian atas tuduhan tersebut, sebab sejauh ini informasi muncul dari media tepatnya dari detik.com, kalau saya perhatikan pertama kali mengelinding tanggal 2 desember dan terus menguat sampai hari ini,” kata Ketua FOZ Bambang Suherman, saat dihubungi Jurnalislam.com, Jumat, (18/12/2020) malam.

Menurut Bambang, pemberitaan terkait yayasan yang menggunakan kotak amal untuk terorisme hanya melibatkan satu pihak yaitu aparat, tanpa melibatkan lembaga yang dituduhkan.

Hal ini, menurutnya harus dibuktikan. Dan FOZ mendukung aparat untuk mengusut tuntas dan membuktikan tuduhan tersebut.

“Ini memang menarik, sebab hari ini terasa seperti ada semacam opini yang dipaksakan karena dari berita yang ditulis detik.com misalnya, sudah menyebutkan nama entitas lembaga dalam hal ini tapi juga dituliskan tentang akan dilakukan upaya pengusutan lebih lanjut,” ungkapnya

Menurut Bambang, upaya pengusutan masih belum jelas, tapi sudah ada disebut lembaga zakat mendanai terorisme dengan kotak amal, dan ini sangat disayangkan.

“Jadi ada semacam upaya pengusutan yang belum selesai tapi nama entitas sudah disampaikan ke publik, nah ini sangat kita sayangkan,” sambungnya.

Bambang meminta agar sebaiknya proses proses pengusutan tersebut dapat dilakukan dengan mekanisme yang benar dan menghormati asas praduga tak bersalah.

“Walaupun secara umum kami mendukung upaya untuk para pihak yang berwenang, melakukan proses pembuktian dan pengetatan terhadap kemungkinan adanya pembiayaan terhadap teroris dari basis kegiatan donasi kenclengan tersebut,” pungkasnya.

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X