Erdogan: Tepi Barat Mutlak Milik Rakyat Palestina

Erdogan: Tepi Barat Mutlak Milik Rakyat Palestina

ANKARA (Jurnalislam.com) – Presiden Turki, Recep Tayip Erdogan mengecam pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang berencana akan mencaplok wilayah Tepi Barat jika dia menang lagi dalam Pemilu. Erdogan menegaskan bahwa Tepi Barat adalah mutlak milik rakyat Palestina.

“Tepi Barat adalah wilayah mutlak milik rakyat Palestina,” tegasnya kepada wartawan dilansir Anadolu Agency, Senin (8/4/2019).

Erdogan juga menyatakan, setiap kebijakan Netanyahu selalu bertentangan dengan hukum internasional.

Sebelumnya, pada hari Sabtu (6/4/2019) Benjamin Netanyahu berjanji akan mencaplok Tepi Barat jika ia menang pemilu pada 9 April mendatang.

“Kami akan memastikan bahwa kami bertanggung jawab di lapangan. Dan kami akan memberlaklukan kedaulatan atas pemukiman di Yudea dan Samaria (Tepi Barat),” katanya dalam sebuah wawancara dengan stasiun TV Israel.

Sekitar 6.500 pemukim Yahudi saat ini tinggal di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki Israel.

Hukum internasional memandang Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebagai wilyah pendudukan dan menganggap semua aktivitas pembangunan pemukiman Yahudi di sana adalah ilegal.

Sementara rakyat Palestina menginginkan dua wilayah ini dan Jalur Gaza untuk pembentukan negara Palestina di masa depan.

Anadolu Agency

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X