Dunia Ucapkan Selamat Kepada Pakistan atas Terpilihnya Imran Khan

Dunia Ucapkan Selamat Kepada Pakistan atas Terpilihnya Imran Khan

PAKISTAN (Jurnalislam.com) – Sejumlah negara telah mengucapkan selamat kepada Pakistan setelah selesai menyelenggarakan pemilihan umum, mengatakan mereka berharap dapat bekerja dengan pemerintah baru, lansir World Bulletin, Ahad (29/7/2018)

Partai politik mantan bintang kriket Imran Khan – Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) – telah memenangkan lebih dari 110 kursi dalam pemilihan umum hari Rabu; dia diharapkan untuk membentuk pemerintahan dan menjadi perdana menteri negara berikutnya untuk masa lima tahun.

Pada hari Sabtu, duta besar Afghanistan untuk Pakistan Dr. Omar Zakhilwal memberi selamat kepada Khan karena mengamankan sebagian besar kursi di parlemen Pakistan. Dalam sebuah pernyataan, Zahilwal menyerukan peran konstruktif Khan dalam membangun perdamaian dan stabilitas di Afghanistan, dan mendesaknya untuk mendukung ratusan ribu pengungsi Afghanistan di Pakistan.

Imran Khan Mantan Atlit Kriket, Calon PM ke-19 Pakistan

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengucapkan selamat kepada rakyat Pakistan atas pemilihan umum hari Rabu. “Dengan menjalankan hak konstitusional untuk memilih, rakyat Pakistan telah menegaskan kembali komitmen mereka untuk Pakistan yang demokratis,” kata Guterres dalam sebuah pernyataan.

Guterres juga memuji Komisi Pemilihan Pakistan, dan mengatakan PBB mengharapkan keberhasilan pemerintah baru dalam “menyediakan masa depan yang stabil, demokratis, dan sejahtera bagi rakyat Pakistan.”

Juru bicara untuk Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert mengatakan, “Amerika Serikat memuji keberanian rakyat Pakistan, termasuk banyak wanita, yang ternyata memilih dan menunjukkan tekad untuk menentukan masa depan negara mereka.”

Dia juga menyebutkan AS akan mencari peluang untuk bekerja dengan Pakistan guna memajukan “keamanan, stabilitas, dan kemakmuran” di wilayah tersebut.

Wakil Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt mengatakan: “Ini adalah momen penting untuk demokrasi di Pakistan, menandai transfer kekuasaan kedua yang belum pernah terjadi sebelumnya dari satu pemerintahan sipil jangka penuh ke pemerintahan yang lain.”

Korban Tewas Serangan Bom Kampanye di Pakistan Meningkat Hingga 149 Orang

Hunt memuji Komisi Pemilihan Pakistan atas karyanya untuk meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan inklusivitas dalam pemilihan serta menambahkan: “Seperti misi pemantauan pemilu, kami juga prihatin tentang laporan adanya tekanan pada media dan sejumlah pihak yang memiliki tautan kepada kelompok-kelompok terlarang yang memberitakan kekerasan dan intoleransi. Visi Jinnah tentang Pakistan yang toleran dan pluralis tetap penting bagi masyarakat yang stabil dan kohesif.”

Jerman mengatakan pihaknya tetap siap untuk hubungan dekat dan berbasis kepercayaan dengan pemerintah baru Pakistan.

Dalam sebuah pernyataan tertulis pada hari Jumat, Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan: “Pakistan dan pemerintah barunya menghadapi tantangan besar.

“Jerman siap untuk hubungan dekat dan berbasis kepercayaan dengan pemerintah baru Pakistan dan mendukungnya dalam menyelesaikan tanggung jawabnya.”

Bagikan
Close X