Dua Tentara India Termasuk Seorang Perwira Tewas Dihantam Bom di Kashmir

Dua Tentara India Termasuk Seorang Perwira Tewas Dihantam Bom di Kashmir

SRINAGAR (Jurnalislam.com) – Sebuah ledakan di Jammu dan Kashmir menewaskan dua tentara India, termasuk seorang perwira utama, dan melukai dua lainnya pada hari Jumat (12/1/2019).

“Seorang perwira dan seorang prajurit tewas dan dua tentara lainnya terluka akibat ledakan IED [Improved Explosive Device] pada Garis Kontrol di sektor Nowshera di distrik Rajouri,” kata juru bicara Pertahanan Letnan Kolonel Devender Anand kepada media.

Garis Kontrol (The Line of Control-LoC) adalah perbatasan de facto yang membagi lembah Kashmir yang disengketakan antara Pakistan dan India.

Dalam insiden terpisah, kata Anand, seorang tentara penjaga pintu tewas akibat tembakan yang diduga dilakukan penembak jitu dari seberang perbatasan di sektor Sunderbani di distrik yang sama.

Jammu dan Kashmir, wilayah Himalaya yang mayoritas penduduknya Muslim, sebagian dikuasai oleh India dan Pakistan namun diklaim oleh keduanya secara penuh. Sepotong kecil wilayah Kashmir juga dijajah oleh Cina.

Baca juga: 

Sejak mereka dipartisi pada tahun 1947, kedua negara telah berperang tiga kali – pada tahun 1948, 1965 dan 1971 – dua dari perang tersebut memperebutkan Kashmir.

Di gletser Siachen di Kashmir utara, pasukan India dan Pakistan juga sesekali terlibat pertempuran sejak 1984. Gencatan senjata diberlakukan pada tahun 2003.

Beberapa kelompok Kashmir di Jammu dan Kashmir telah berperang melawan pemerintahan India untuk kemerdekaan, atau untuk penyatuan dengan negara tetangga Pakistan.

Menurut beberapa organisasi hak asasi manusia, ribuan orang dilaporkan telah tewas dalam konflik di kawasan itu sejak 1989.

Bagikan

One thought on “Dua Tentara India Termasuk Seorang Perwira Tewas Dihantam Bom di Kashmir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X