Din Syamsuddin Proklamirkan Diri Sebagai Loyal-Kritis pada Negara

Din Syamsuddin Proklamirkan Diri Sebagai Loyal-Kritis pada Negara

SIDOARJO (Jurnalislam.com) – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin menyampaikan sikap politiknya pasca pelantikan Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Din menegaskan dirinya sebagai warga negara yang loyal-kritis terhadap negara.

“Di tempat ini dan di tanggal ini, saya memproklamirkan diri sebagai warga negara yang tetap loyal pada negara dan kritis terhadap penyelenggara negara,” katanya dalam Pengajian Akbar di Pondok Pesantrean Al Fattah, Buduran, Sidoarjo, Ahad (20/10/19).

Ia menjelaskan, loyal kepada negara yang didirikan oleh umat Islam berdasarkan Pancasila dan tetap kritis sebagai bagian dari amar ma’ruf nahi munkar.

“Bagi umat Islam, sikap loyal kritis itu adalah penjelmaan dari amar makruf nahi mungkar,” tegasnya.

Din menegaskan, dirinya tidak akan segan-segan mengkritik segala bentuk penyimpangan dan ketidakjujuran penyelenggara negara. “Apalagi jika mereka menyalahgunakan kekuasaan dan korup,” ujarnya.

Menurut Din, adanya kelompok kritis di tubuh bangsa sangat penting, karena jika rezim dibiarkan berkuasa sendiri tanpa kontrol maka mereka akan cenderung otoriter.

“Demokrasi menuntut adanya oposisi, tanpa oposisi rezim akan bertindak semau sendiri. Tahapan demokratisasi Indonesia memerlukan adanya kekuatan masyarakat kritis yang melakukan kontrol sosial untuk mengawal proses demokrasi itu,” papar Din.

Sikap tegas tersebut, kata dia, merupakan watak dasar Persyarikatan Muhammadiyah sebagaimana dalam Surah Ali Imran 104 yang menjadi dasar gerakan dakwah Muhammadiyah menegaskan dua sumbu gerakan pencerahan yang harus ditegakkan yakni dakwah kepada kemajuan dan amar makruf nahyi mungkar.

Keduanya saling berkait. Jika yang kedua kurang dilakukan, capaian dari yang pertama bisa runtuh atau terkendala.

“Setiap Muslim harus menyadari bahwa hidup di dunia sangatlah singkat, maka kita harus menyiapkan pertanggung jawaban ukhrawi, dan jangan terkena penyakit al-wahnu yaitu hubbud dunya wa karahiyyatul maut, penyakit cinta dunia dan takut mati,” pungkasnya.

Sumber: pwmu.co

Baca juga:

Ustaz Felix Siauw Doakan Jokowi dan Ma’ruf Amin

Pendiri IMM: Generasi Muda Muhammadiyah Harus Miliki Kecerdasan Majemuk

Bukan Periode Menikmati

Tak Respon Ditanya Soal Novel, Jokowi Pilih Jawab Pertanyaan Lain

Pengamat Minta Waspadai Pengaruh Oligarki dalam Kabinet Jokowi

Bagikan

2 thoughts on “Din Syamsuddin Proklamirkan Diri Sebagai Loyal-Kritis pada Negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X