Din: Kongres Umat Islam Wadah Silaturahim Ormas dan Tokoh Islam se-Indonesia

Din: Kongres Umat Islam Wadah Silaturahim Ormas dan Tokoh Islam se-Indonesia

JAKARTA(Jurnalislam.com) – Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) MUI, Prof Din Syamsuddin menyatakan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-7 yang akan diselenggarakan MUI akan menjadi ajang silaturrahim dari segenap elemen dan tokoh umat Islam termasuk ulama, zuama dan cendekiawan Muslim.

 

KUII juga diharapkan menjadi ajang silatulfikri di antara seluruh elemen umat Islam, organisasi dan lembaga maupun tokoh perorangan untuk membahas berbagai tema dalam rangka mengukuhkan peran umat Islam Indonesia dalam mengisi kemerdekaan. Karena itu Wantim MUI mendukung rencana panitia pengarah untuk mengangkat tema definitif tentang strategi kebudayaan umat Islam Indonesia.

 

“Dalam rangka mengisi kehidupan kebangsaan kita ke arah yang lebih adil makmur, berdaulat, bermartabat,” katanya dalam rapat di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019).

 

Prof Din berkata, nantinya KUII yang akan digelar pada Februari 2020 mendatang kemungkinan mengusung tema “Memperkuat Arah Baru Perjuangan Umat Islam Lima Tahun ke Depan”.

 

Dalam kongres lima tahun sekali ini, lanjut Din, juga akan membahas isu strategis seperti sosial, politik, ekonomi, budaya, hukum, ke-Islam-an dan ke-Indonesia-an. “Kita sudah mulai merumuskan strategis kebudayaan umat Islam untuk mengisi Indonesia,” imbuh dia.

 

Senada dengan Din Syamsuddon, Sekretaris Dewan Pertimbangan MUI Noor Ahmad mengatakan, dalam kongres akan dibahas kondisi khusus problem bangsa. Seperti maraknya politik transaksional yang terjadi belakangan ini.

 

“Pertama, telah terjadi politik transaksional, sehingga liberalisasi politik tidak bisa dibendung. Problem yang terjadi adalah kontestasi tidak seimbang karena banyak yang tidak punya modal. Kemudian, bagaimana kita melakukan revitalisasi terhadap ormas Islam dan partai Islam. Kalau memungkinkan, nanti kita memberikan panduan terhadap partai politik Islam, apa yang akan mereka lakukan,” tuturnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X