Diharap Tingkatkan Prestasi, Tiga Kepala MAN Insan Cendikia Dilantik

Diharap Tingkatkan Prestasi, Tiga Kepala MAN Insan Cendikia Dilantik

PEKALONGAN(Jurnalislam.com)— Sekjen Kemenag Nizar melantik Tiga Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC). Tiga madrasah yang mempunyai nahkoda baru tersebut adalah MAN IC Serpong, MAN IC Pekalongan, dan MAN IC Kendari.

Pelantikan ketiganya berlangsung di MAN IC Pekalongan. “Manfaatkan amanah dengan sebaik-baiknya, karena MAN IC sudah menorehkan prestasi bukan hanya nasional, tapi internasional. Terus kembangkan kualitas, dan torehkan prestasi, madrasah harus jadi nomor satu,” pesan Nizar di MAN IC Pekalongan, Jumat (23/4/2021)

Nizar menjelaskan, proses rotasi dan mutasi dalam organisasi adalah keniscayaan untuk penyegaran serta pengembangan. “Jabatan kepala madrasah bukanlah warisan, akan tetapi amanah yang diberikan untuk memajukan madrasah,” tukasnya.

Pria asli Jepara ini berharap, para Kepala MAN IC yang dilantik, bisa memanfaatkan pengalaman yang dimiliki untuk terus mengembangkan madrasah dan mempertahankan prestasi yang telah diraih. “Saya yakin, kepala MAN belakangan ini bisa diandalkan. Jika nanti ada (MAN IC) yang menyusul presatasinya, itu biasa. Kompetisi kita sejatinya dengan sekolah umum,” paparnya.

Nizar menegaskan komitmennya untuk selalu mendukung dalam hal pengembangan infrastruktur, SDM, kurikulum, dan perangkat lainnya, guna menopang prestasi madrasah agar lebih baik lagi. “Infrastrukturnya sudah memadai. Jadi perlu diseimbangkan dengan soft komponennya,” tegas Nizar lagi.

Kemenag, lanjutnya, memiliki harapan besar kepada Kepala MAN IC untuk mengawal madrasah lebih baik lagi. Predikat yang baik itu  tidak stagnan, namun harus lebih baik dari tahun-ke tahun. “Fakta yang bicara, segala upaya dan ikhtiar yang Kepala MAN usahakan, sangat diharapkan demi prestasi anak didik dan citra Kemenag yang mempunyai madrasah unggulan,” terangnya.

Pembelajaran Tatap Muka

Nizar juga mengatakan, prestasi juga harus diimbangi dengan penanaman karakter serta akhlak yang baik. Menurutnya, perlu ada pembelajaran tatap muka agar karakter bisa terbentuk peserta didik dengan baik, utamanya dalam hal keteladanan. Untuk itu, pembelajaran tatap muka (PTM) menjadi penting.

“Ini dimanfaatkan betul. Mari kita persiapkan pembelajaran tatap muka supaya anak didik kita bisa menorehkan prestasi dan hidup normal kembali. Tatap muka seperti dalam kitab ta’limul muta’allim, tradisi nya harus dilestarikan,”  kata Nizar.

“Tolong dipersiapkan dengan baik, sebab pembelajaran online itu punya dampak besar terhadap prestasi,” sambungnya.

Nizar menjelaskan, tatap muka sebagaimana dijelaskan dalam kitab Taklimul Muta’allim menjadi bagian yang penting juga. “Jika hanya daring terus, nanti murid menghormati komputer,” kelakar Nizar mengakhiri sambutannya.

Kepala MAN IC Serpong yang baru dilantik adalah Abdul Basit. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala MAN IC Kendari. Selama menjadi Kepala MAN IC Kendari, ada sejumlah prestasi madrasah yang telah diraih, antara lain Medali Perunggu Geografi pada Kompetisi Sains Nasional 2019, 2 medali KSM 2019, Medali perak Fisika saat KSM 2020. Prestasi lainnya adalah Pertukaran Pelajar Amerika, Beasiswa Rusia, Robotik Nasional 2019, Asia Pasifik Scouts di Mongolia dan Korean Jambore di Korea Selatan.

Tugas Abdul Basit memimpin MAN IC Kendari kini dilanjutkan nahkoda baru, yaitu M Naim.

Sedangkan Kepala MAN IC Pekalongan yang baru adalah Khoirul Anam. Sebelumnya, pria kelahiran Nganjuk Jawa Timur ini menjadi Kepala MAN IC Paser Kalimantan Timur. Saat itu, tercatat ada 277 prestasi yang diraih. Sebanyak 96 prestasi merupakan penghargaan tingkat Provinsi, 94 tingkat nasional, 85 tingkat Kabupaten/Kota, dan 2 tingkat Internasional. Selama di MAN IC Paser, Anam juga membekali siswa didiknya dengan pembelajaran kitab kuning ala Pesantren.

Turut hadir dalam acara pelantikan, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah, Rektor IAIN Pekalongan beserta seluruh Civitas akademika MAN Cendekia dan IAIN Pekalongan.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X