Di KUII Chairul Tanjung Berbagi Kiat Menjadi Enterpreneur Sukses

Di KUII Chairul Tanjung Berbagi Kiat Menjadi Enterpreneur Sukses

PANGKALPINANG (Jurnalislam.com) – Pengusaha sukses Chairul Tanjung (CT) mendorong umat Islam untuk memiliki jiwa enterpreneurship yang kuat. Pesan itu disampaikan dalam Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-7 di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Kamis (27/2/2020) malam.

“Kita harus memperbanyak jumlah pengusaha muslim di Indonesia. Jangan lagi umat ini disuruh jadi pegawai. Ini tugasnya ulama, sampaikan di khutbah-khutbah jumat, dorong umat untuk menjadi enterprenur karena enterpreneur dapat meningkatkan ekonomi bangsa ini,” katanya.

Seorang enterpreneur, kata Chairman CT Corps ini, adalah orang yang mampu membaca peluang dan menangkapnya.

“Kalo cuma bisa membaca peluang tapi gak bisa menangkapnya itu namanya konsultan,” ujar CT.

CT menjelaskan, seorang enterpreneur juga adalah orang yang mampu menciptakan peluang ketika peluang-peluang lainnya sudah ditangkap oleh banyak orang.

“Pernah mimpi gak di Indonesia ada tempat main salju? Itu hanya ada di transmart bintaro. Ini adalah contoh bagaimana kita bisa menciptakan peluang, bukan hanya melihat peluang,” ujarnya.

Selain itu, dia menyampaikan, oritentasi seorang enterpreneur itu result oriented atau orang yang menjadikan hasil sebagai tujuan utamanya bukan process oriented.

“Kalau birokrat kan itu hanya mikirin proses, prosesnya benar hasilnya buruk, aman. Prosesnya salah hasilnya banyak, masuk penjara,” papar pria 57 tahun ini.

Dalam kesempatan itu juga, CT menyatakan siap mendukung program-program enterpreneurship yang akan digerakkan oleg MUI.

“Saya selalu dukung, jadi kita perlu action yang lebih kuat lagi, lebih keras lagi. Sekolah enterpreneur itu penting, tapi nanti ada saatnya kita akan buat pusat inkubasi-inkubasinya. MUI nanti yang buat , nanti saya siap mendukungnya, tapi harus dari MUI ya, kalau dukung itu adalah kewajiban saya karena saya satu-satunya guru besar enterpreneru,” tuturnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X