Bulan Sabit Merah Turki Bagikan Paket Qurban ke Ribuan Pengungsi Muslim Rohingya

Bulan Sabit Merah Turki Bagikan Paket Qurban ke Ribuan Pengungsi Muslim Rohingya

COX’S BAZAR (Jurnalislam.com) – Sebuah agen Turki pada hari Ahad (26/8/2018) membagikan daging dari hewan kurban Idul Adha ke pengungsi Rohingya di Bangladesh.

Lebih dari 5.000 keluarga menerima paket daging dan makanan dalam sebuah upacara yang diadakan di kamp Burmapara di kota Cox’s Bazar, lansir Anadolu Agency.

The Turkish Red Crescent Society (Kizilay) berencana untuk menjangkau 70.000 pengungsi dan penduduk lokal pada akhir pekan ini.

Cahit Sami Gun, manajer operasi Kizilay di Bangladesh, mengatakan: “Karena sangat jauh dari rumah, orang-orang terlantar dari Myanmar ini kehilangan perayaan Idul Adha.

Baca juga: Inilah 3 Ancaman Besar Bagi Pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh

“Itulah mengapa kami mengorbankan hewan untuk satu perkemahan untuk pertama kalinya di Bangladesh.”

Dia mengatakan stafnya bekerja siang dan malam untuk mendistribusikan daging demi melihat senyum di wajah masyarakat yang rentan tersebut.

Pada 25 Agustus 2017, pemerintah Myanmar melancarkan operasi militer besar-besaran terhadap minoritas Muslim, menewaskan hampir 24.000 warga sipil dan memaksa 750.000 orang lainnya melarikan diri ke Bangladesh, menurut Badan Pembangunan Internasional Ontario (the Ontario International Development Agency-OIDA).

Dalam laporannya baru-baru ini, Migrasi Paksa Rohingya: Pengalaman yang Tak Terungkap (Forced Migration of Rohingya: The Untold Experience), OIDA meningkatkan angka perkiraan jumlah Rohingya yang terbunuh menjadi 23.962 (± 881) dari angka Dokter Tanpa Batas sebelumnya sebesar 9.400.

Baca juga: Laporan Terbaru: 24.000 Muslim Rohingya Dibunuh Pasukan Myanmar

Lebih dari 34.000 orang Rohingya terkena tembakan senjata api, sementara lebih dari 114.000 lainnya dipukuli, kata laporan OIDA, menambahkan bahwa 17.718 (± 780) wanita dan gadis Rohingya diperkosa oleh tentara dan polisi Myanmar. Lebih dari 115.000 rumah-rumah Rohingya dibakar dan 113.000 lainnya dirusak, tambahnya.

Menurut Amnesty International, lebih dari 750.000 pengungsi Rohingya, sebagian besar anak-anak dan perempuan, telah melarikan diri dari Myanmar dan menyeberang ke Bangladesh.

Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai kaum Muslim yang paling teraniaya di dunia, telah menghadapi ketakutan yang meningkat sejak ratusan orang terbunuh dalam kekerasan komunal pada tahun 2012.

PBB mendokumentasikan perkosaan massal, pembunuhan, pembakaran – termasuk bayi dan anak kecil – pemukulan brutal, mutilasi dan penghilangan yang dilakukan oleh pasukan negara Myanmar. Dalam laporannya, para penyelidik PBB mengatakan bahwa pelanggaran tersebut bisa dikategorikan sebagai kejahatan berat terhadap kemanusiaan.

Bagikan

One thought on “Bulan Sabit Merah Turki Bagikan Paket Qurban ke Ribuan Pengungsi Muslim Rohingya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X