BNPB Tegaskan Gempa Susulan Palu dan Bulukumba Tak Berdampak Bencana Besar

BNPB Tegaskan Gempa Susulan Palu dan Bulukumba Tak Berdampak Bencana Besar

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan video dan foto yang beredar pasca gempa M 5,2 di Palu dan M 4,8 di Bulukumba adalah hoaks. Karena video dan foto yang digunakan adalah akibat gempa M 7,4 di Donggala sehingga meresahkan masyarakat.

“Tak perlu resah, gempa susulan kecil dan tak menimbulkan dampak kerusakan yang besar,” tegasnya dalam FMB 9 bertajuk “Update Bencana Sulteng: Setelah Evakuasi Dihentikan, Fokus pada Tahapan Transisi Pemulihan” di Aula Graha, Gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa (09/10/2018).

Ia menambahkan bahwa dua gempa susulan tidak menimbulkan kerusakan dan korban jiwa. Namun oleh oknum disebarkan video dan foto-foto di media sosial bahwa gempa tersebut menyebabkan jalan terbelah, rumah hancur, dan kepanikan luar biasa.

“Video dan foto tersebut adalah dokumentasi dampak gempa M 7.4 di Donggala yang terjadi pada 28/9/2018 sore,” pungkasnya.

“Jadi masyarakat dihimbau tetap tenang,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, jika gempanya kecil pasti tidak menimbulkan dampak. Hampir setiap hari terjadi gempa di Indonesia. Rata-rata 5.000 hingga 6.000 kali kejadian gempa dalam setahun di Indonesia. Jadi jangan terlalu takut dan berpikir negatif saat mendengar adanya informasi ada gempa. BNPB dan BMKG pasti menyampaikan kepada masyarakat.

Sutopo mengatakan bahwa gempa dirasakan kuat selama ±5 detik dan masyarakat setempat sempat panik. Gempa ini tidak berpotensi Tsunami. Belum ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa.

 

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X