Banyak Diproses Karena Salah Input, KPU Akhirnya Buka Layanan Pengaduan

Banyak Diproses Karena Salah Input, KPU Akhirnya Buka Layanan Pengaduan

JAKARTA (Jurnalislam.com)Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka help desk atau layanan pengaduan agar masyarakat bisa melaporkan kesalahan dalam sistem informasi penghitungan suara (situng) di situs resmi mereka.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan pada Sabtu (20/4), masyarakat bisa melaporkan kesalahan, seperti ketidaksesuaian pemasukan data dengan foto formulir C-1 di TPS, melalui WhatsApp maupun telepon.

Help desk KPU bisa dicapai melalui WhatsApp 0812 1177 2443, surat elektronik ke bagianteknis@kpu.go.id atau telepon di nomor 021-319 025 67 atau 021-319 025 77. Masyarakat juga bisa datang langsung ke kantor KPU, Jalan Imam Bonjol Nomor 29, Menteng.

Dibuatnya help desk itu menyusul laporan masyarakat soal kesalahan data yang dimasukkan petugas KPU kabupaten/kota di lima daerah, yakni Dumai, Riau, Jakarta Timur, Maluku, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Tengah.

KPU menyebut itu murni kesalahan manusia atau ‘human error’ dan tidak ada unsur kesengajaan maupun niat untuk curang. Kesalahan itu pun segera diperbaiki.

Dengan adanya help desk KPU, Ilham berharap masyarakat itu memantau situng.

Sejauh ini, sampai Sabtu (20/4) pukul 08.30 WIB, berdasarkan suara yang masuk di situng KPU pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin masih unggul sementara.

sumber: cnnindonesia.com

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X