Responsive image

Banjir Besar Melanda Dompu, Forum Me-DAN Turun Lakukan Survey Bantuan Kemanusiaan

Banjir Besar Melanda Dompu, Forum Me-DAN Turun Lakukan Survey Bantuan Kemanusiaan

DOMPU(Jurnalislam.com)–Forum Medis dan Aksi Kemanusiaan (Me-DAN) cabang Dompu melakukan investigasi (assessment)dan survey keadaan rumah warga di beberapa desa di dua kecamatan, yaitu Woja dan Dompu yang terendam banjir, Senin (5/3/2018).

Banjir terjadi karena luapan sungai sungai desa Manggenae wilayah bagian utara kec. Dompu perbatasan Bima Dompu yang sejak waktu pukul 14.40 WITA s/d jam 16.20 waktu setempat telah di datangi hujan lebat dan pukul 16.45.

Tanpak otoritas terkait seperti BNPB dan lembaga kemanusiaan seperti MDMC juga turun melakukan assessment untuk kebutuhan warga.

Ismail Ahmad (40) seorang warga Lingkungan potu Timur Rt. 08 Rw 03, kelurahan Potu kec. Dompu Kab. Dompu menyampaikan bahwa banjir besar yang meluap sampai ke rumah warga mencapai 5 Meter.

“Banjir di sini sangat besar hingga 5 meter, coba mas lihat sendiri rumah itu sudah hampir sampai atap, banjir juga melewati jembatan, banyak perabotan rumah tanggal yang tidak bisa di selamatkan karena arus air sangat cepat, padahal di sini sejak tadi pagi nggk ada hujan, tiba-tiba banjir datang” ucapnya.

Ketua Forum Me-DAN cabang Dompu, Syafrin, A.Md Kep, bersama anggota melakukan investigasi untuk mendapatkan data yang valid mengenai keadaan masyarakat terkena dampak banjir dan berencana untuk memberikan bantuan.

Berdasarkan hasil investigasi yang telah di himpun, Forum Me-Dan mendapati wilayah-wilayah yang terkena banjir di antaranya yaitu kecamatan Dompu terdiri dari 1 dusun di desa Kareke, 4 lingkungan di kelurahan Potu, kemudian di kec. Woja terdiri dari 1 lingkungan di kel. Simpasai, 2 lingkungan di kelurahan kandai II dan sebagian besar di Desa Wawonduru dari total jumlah rumah yang rusak yaitu sekitar 1.070 rumah.

Syafrin menambahkan, Forum Me-DAN sudah mempersipkan untuk sarapan pagi masyarakat, dan berharap semua kalangan ikut andil.

“paling tidak, yang di butuhkan oleh masyarakat saat ini adalah makanan, air bersih, obat-obatan dan pakaian, dan Alhamdulillah untuk besok paginya F-Me-DAN akan bagikan nasi bungkus untuk sarapan pagi, besar- harapan kami, semua masyarakat ikut andil dan meringankan duka yang sedang mereka hadapi” pungkasnya.

Reporter : Agus Ringgo

Bagikan
Close X