Bahas Krisis Qatar, Amir Kuwait dan Menlu Oman Adakan Pembicaraan Tertutup

Bahas Krisis Qatar, Amir Kuwait dan Menlu Oman Adakan Pembicaraan Tertutup

KOTA KUWAIT (Jurnalislam.com) – Amir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad al-Jaber al-Sabah pada hari Selasa (4/7/2017) mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Oman Yousuf bin Alawi di Kuwait City.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Pangeran Mahkota Kuwait Sheikh Nawaf al-Ahmad al-Jaber al-Sabah dan Menteri Luar Negeri Sheikh Sabah al-Khalid al-Hamad al-Sabah, menurut kantor berita resmi Kuwait KUNA.

Kantor berita itu tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang apa yang dibahas pada pertemuan tersebut, lansir Anadolu Agency.

Kunjungan Bin Alawi ke Kuwait terjadi satu hari setelah Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammad bin Abdulrahman al-Thani menyerahkan tanggapan negaranya terhadap daftar tuntutan yang dibuat oleh empat negara Arab – yang awal bulan lalu memberlakukan embargo terhadap Qatar – kepada pejabat Kuwait.

Kuwait sekarang diharapkan untuk menyampaikan tanggapan tersebut, yang belum diungkapkan, ke empat negara Arab sebelum tengah malam Selasa.

Pada tanggal 5 Juni, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain secara tiba-tiba memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, menuduh Doha mencampuri urusan dalam negeri mereka dan mendukung kelompok teroris.

Keempat negara tersebut kemudian mempresentasikan daftar tuntutan untuk Qatar, termasuk penutupan penyiar media pan-Arab Al Jazeera, yang mereka katakan harus dipenuhi sebelum embargo dicabut.

Keempat negara bagian tersebut memberi Doha tenggat waktu 10 hari – yang berakhir pada hari Ahad kemarin – untuk memenuhi tuntutan mereka.

Pada hari Ahad, keempat negara sepakat untuk memperpanjang tenggat waktu 48 jam lagi sampai Selasa.

Bagikan
Close X