AS Peringatkan Iran terhadap Objek Peluncuran ke Ruang Angkasa

AS Peringatkan Iran terhadap Objek Peluncuran ke Ruang Angkasa

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – AS “tidak akan diam saja” ketika Iran bersiap untuk meluncurkan beberapa objek ke luar angkasa, diplomat tinggi Washington memperingatkan pada hari Kamis (3/1/2019).

Mike Pompeo mengatakan teknologi yang rencananya akan digunakan “hampir” sama dengan yang ditemukan di rudal balistik antarbenua, meningkatkan kekhawatiran tentang berbagai aplikasi.

“Peluncuran ini akan memajukan program misilnya,” kata Pompeo di Twitter. “AS, Prancis, Inggris & Jerman telah menyatakan ini bertentangan dengan UNSCR 2231. Kami tidak akan diam saja sementara rezim mengancam keamanan internasional.”

Iran berencana meluncurkan tiga kendaraan luar angkasa dalam beberapa bulan mendatang.

Resolusi PBB yang dikutip oleh Pompeo menyerukan kepada Iran untuk tidak melakukan kegiatan apa pun yang berkaitan dengan rudal balistik yang mampu mengirimkan muatan nuklir selama delapan tahun setelah kekuatan dunia dan Iran memberlakukan perjanjian nuklir penting. Presiden AS Donald Trump secara sepihak mundur dari kesepakatan tahun lalu.

Dalam pernyataan resmi terpisah yang panjang, Pompeo mengatakan Iran menguji coba rudal balistik jarak menengah yang mampu membawa beberapa hulu ledak pada 1 Desember.

“Amerika Serikat terus memperingatkan bahwa rudal balistik dan peluncuran SLV oleh rejim Iran memiliki efek destabilisasi di kawasan dan sekitarnya,” katanya, merujuk pada kendaraan peluncuran ruang angkasa.

Baca juga: 

Pompeo mendesak Iran untuk mempertimbangkan kembali peluncuran ruang angkasa yang mereka rencanakan, memperingatkan jika tetap melakukannya maka Teheran akan menghadapi “isolasi ekonomi dan diplomatik yang lebih dalam.”

Iran menegaskan program antariksanya adalah program damai, tetapi para kritikus seperti Pompeo melihatnya sebagai program diam-diam untuk program rudal balistik.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.