AS Minta Bukti Audio-Video Mengerikan Terbunuhnya Khashoggi

AS Minta Bukti Audio-Video Mengerikan Terbunuhnya Khashoggi

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – AS telah meminta bukti audio dan video mengenai hilangnya jurnalis Arab Jamal Khashoggi “jika ada,” kata Presiden AS Donald Trump, Rabu (17/10/2018).

“Kami telah memintanya. Jika ada, kami telah memintanya, ”kata Trump kepada wartawan di Oval Office, menambahkan bahwa” mungkin memang ada,” lansir Anadolu Agency.

Trump mengatakan dia sedang menunggu untuk diberitahu tentang wartawan yang hilang dari Menteri Luar Negeri Mike Pompeo ketika dia kembali dari perjalanannya ke Ankara dan Riyadh.

Baca juga: Terbunuhnya Khashoggi, Bahrain dan Emirat Arab Tetap Dukung Saudi

Khashoggi belum terlihat sejak dia memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober di tengah berlembangnya kekhawatiran bahwa dia terbunuh di fasilitas diplomatic itu.

Beberapa laporan mengutip rekaman audio dan video tersebut berisi rincian mengerikan akan dugaan pembunuhan Khashoggi di tangan eksekutor Saudi setelah ia memasuki konsulat.

Pada hari yang sama dengan Khashoggi memasuki konsulat, 15 warga Saudi lainnya, termasuk beberapa pejabat, tiba di Istanbul dengan dua pesawat dan mengunjungi gedung itu sementara Khashoggi masih di dalam, kata sumber polisi Turki. Semua individu yang diidentifikasi telah meninggalkan Turki.

Baca juga: Arab Saudi akan Akui atas Terbunuhnya Jamal Khashoggi

Trump terus mendukung Arab Saudi setelah mengatakan pada awal pekan ini bahwa hilangnya Khashoggi bisa jadi adalah pekerjaan “pembunuh bayaran,” tetapi mengatakan dia “sama sekali tidak menutup-nutupi ” untuk Riyadh, yang berulang kali disebutnya sebagai sekutu dekat AS.

“Mereka adalah sekutu penting, tetapi saya ingin mencari tahu apa yang terjadi, di mana kesalahannya, dan kita mungkin akan mengetahuinya pada akhir pekan,” tambah Trump.

Arab Saudi belum memberikan jawaban yang cukup atas nasib Khashoggi lebih dari dua pekan setelah dia hilang, tetapi terus menyangkal peran apa pun dalam kepergiannya.

Bagikan

One thought on “AS Minta Bukti Audio-Video Mengerikan Terbunuhnya Khashoggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X