AS dan Israel Buat Kesepakatan Baru Dibidang Militer Senilai $ 50 Miliar

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Barack Obama dan Benjamin Netanyahu akan mengadakan pertemuan puncak pada hari Senin, 9 November 2015. Mereka berharap kesepakatan besar di bidang pertahanan selama 10 tahun mendatang, World Bulletin melaporkan, Jumat (06/11/2015).

Setelah kesepakatan nuklir AS dan Iran, kedua pemimpin akan membahas kesepakatan yang diharapkan akan bernilai lebih dari $ 50 miliar mencakup serangkaian sistem persenjataan canggih, kata para pejabat.

Kesepakatan itu tidak akan diselesaikan selama pertemuan puncak dan hanya akan berlaku setelah kesepakatan saat ini berakhir pada tahun 2017.

Obama dan Netanyahu diperkirakan akan membahas komitmen dimana Israel akan mendapatkan lebih dari 33 jet berteknologi tinggi F-35 yang sudah dipesan, amunisi presisi dan kesempatan untuk membeli V-22 Ospreys dan sistem senjata lain yang dirancang untuk memastikan keunggulan militer Israel atas tetangganya.

Senjata yang didiskusikan tersebut mencerminkan keunggulan Iran dalam pemikiran militer AS dan Israel.

F-35 adalah satu-satunya pesawat yang mampu menandingi sistem rudal surface-to-air S-300 yang kemungkinan telah dijual Rusia ke Teheran.

Para pejabat mengatakan Israel juga berusaha memastikan bahwa sekutu AS lain di wilayah tersebut tidak mendapatkan F-35.

Gedung Putih sejauh ini telah menolak permintaan negara Teluk Arab untuk membeli F-35.

Israel ditawarkan beberapa bom penghancur bunker.

"Diskusi ini bukan sesuatu yang diangkat dalam konteks diskusi MoU," kata pembantu keamanan nasional Senior Obama, Ben Rhodes, mengacu pada kesepakatan yang dikenal secara resmi sebagai nota kesepahaman.

Rhodes mengatakan bahwa kunjungan itu akan menjadi kesempatan untuk membahas dan mendengar penilaian dari Israel mengenai tantangan keamanan dan keamanan terkait yang perlu mereka miliki … apakah itu adalah sesuatu seperti F-35 atau yang lainnya."

 

Deddy | World Bulletin | Jurniscom

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X