Yanmas Ansharu Syariah Bersihkan Limbah Sampah di Sungai Cidukuh Tasikmalaya

Yanmas Ansharu Syariah Bersihkan Limbah Sampah di Sungai Cidukuh Tasikmalaya

TASIKMALAYA (Jurnalislam.com) – Pelayanan Masyarakat (YANMAS) Jamaah Ansharu Syariah bersama Aliansi Aktivis dan Masyarakat Muslim Tasikmalaya (ALMUTAZ) bergotong royong bersama warga Dusun Bojong Tritura, Cipedes, Kota Tasikmalaya membersihkan limbah sampah di Sungai Cidukuh, Ahad (29/9/2019).

Dalam aksi bertajuk ‘River Clean Up Sungai Cidukuh’ itu warga bersama para relawan membersihakan limbah sampah yang nyaris menutupi permukaan sungai.

Koordinator aksi, Ruby Barokah menjelaskan, kegiatan pembersihan sampah di sepanjang sungai Cidukuh tersebut sebagai bentuk kepedulian relawan Yanmas Ansharu Syariah terhadap lingkungan hidup dan alam.

“Berawal dari pengaduan warga setempat kepada kami untuk bisa meminimalisir limbah sampah di sungai Cidukuh, sehingga kami tergerak dan bersinergi dengan warga sekitar untuk membersihkan sungai Cidukuh,” ungkapnya.

Ruby berharap, dengan kegiatan tersebut warga semakin sadar untuk tidak membuang sampah ke aliran sungai. Sebab, akibat kebiasaan buruk tersebut air Sungai Cidukuh menjadi hitam dan berbau tak sedap. turun ke sungai membersihkan sampah yang selama bertahun-tahun meresahkan warga setempat.

Selain itu, Ruby juga meminta pemerintah setempat untuk membentuk satuan khusus agar dapat melakukan pembinaan kepada masyarakat secara berkelanjutan.

“Kami harapkan juga kepada seluruh instansi dan dinas terkait Kota Tasikmalaya untuk terus mengawal dan melakukan pembinaan kepada warga masyarakat untuk sadar akan lingkungan yang bersih dan sehat,” ujarnya.

Ruby mengungkapkan, pihaknya mendapat apresiasi positif dari masyarakat sekitar. Masyarakat berharap, kegiatan tersebut dapat dilakukan secara kontinyu.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan kembali Insya Allah pada tanggal 6 Oktober 2019, bekerja sama kembali dengan dinas terkait dan peran swadaya masyarakat Bojong Tritura Sungai Cidukuh Tasikmalaya,” pungkasnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X