Responsive image

WHO Peringatkan Negara-negara Agar Bersiap Wabah Corona

WHO Peringatkan Negara-negara Agar Bersiap Wabah Corona

INTERNASIONAL(Jurnalislam.com)–Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyatakan Virus Corona atau COVID-19 berpotensi menjadi wabah yang menyebar ke seluruh dunia.

Situasinya saat ini belum mencapai tahap itu namun potensinya mengarah ke sana.

Pernyataan WHO yang disampaikan hari Senin (25/2/2020) menyebutkan penyebaran virus tampaknya telah mencapai puncaknya di China.

Namun menurut WHO, lonjakan kasus baru di negara lain sudah sangat memprihatinkan dan semua negara harus bersiap menghadapi “potensi wabah.”

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menjelaskan, puncak penyebaran virus di China terjadi antara 23 Januari hingga 2 Februari lalu, dan jumlah kasus baru di sana telah menurun.

“Virus ini dapat diatasi,” ujarnya dalam jumpa pers di Jenewa, seraya memuji upaya China mencegah penyebaran virus melalui penutupan wilayah dan karantina yang skalanya belum pernah terjadi sebelumnya.

Penyebaran kasus di negara lain telah mendorong tindakan drastis yang serupa.

Di Italia 11 kota ditutup dan Korea Selatan memerintahkan 2,5 juta warga Kota Daegu untuk tinggal di dalam rumah.

Namun penyebaran virus yang secara resmi dinamai sebagai COVID-19 terus berlangsung. Afghanistan, Bahrain, Irak, Kuwait dan Oman telah mengumumkan kasus pertama mereka pada Senin.

“Apakah virus ini berpotensi wabah? Tentu saja. Apakah kita sudah mencapai tahap itu? Dari penilaian kami, belum,” kata Ghebreyesus.

China terus melakukan langkah-langkah pencegahan, termasuk menunda sidang tahunan parlemen negara itu pada Senin kemarin.

Sumber: detik.com

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X