Waspada Bencana, SMP Muhammadiyah Kottabarat Gelar Pelatihan Tanggap Gempa dan Kebakaran

Waspada Bencana, SMP Muhammadiyah Kottabarat Gelar Pelatihan Tanggap Gempa dan Kebakaran

SOLO (Jurnalislam.com)- Ratusan siswa SMP Muhammadiyah Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan pelatihan dan simulasi kesiapsiagaan bencana alam pada Jumat (2/2/2018).

Kegiatan yang digagas oleh Palang Merah Remaja (PMR) Sekolah dan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Surakarta tersebut, bertujuan untuk mengedukasi para siswa agar tidak panik saat ada bencana alam di sekitar mereka.

“Ya benar kegiatan ini diselengarakan oleh anak-anak PMR sekolah bekerja sama dengan PMI Kota Surakarta untuk memberikan edukasi kepada siswa agar tidak panik menghadapi gempa bumi dan kebakaran,” ungkap Aryanto kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, perwakilan PMI Surakarta Barly, menerangkan kepada para siswa cara menghadapi bencana gempa, selain tidak boleh panik, katanya, kita harus melindungi diri dan segera mencari jalan menuju tempat yang lebih aman.

“Jika ada gempa bumi maka kita tidak perlu panik, cara yang dilakukan pertama adalah tenang dan lindungi kepala dengan berlindung di bawah meja. Lalu jika gempa reda, maka jalan pelan-pelan dengan melindungi kepala, dan mencari jalur aman menuju ke tempat yang terbuka,” terangnya.

Lebih lanjut, pemateri lainnya yang juga dari PMI Surakarta Krisnantyo, menjelaskan tahapan-tahapan yang dilakukan, ketika menghadapi kebakaran.

“Api jangan disiram memakai air karena api akan menyebar. Sumber api dimatikan dan jangan ada celah oksigen. Ada 3 cara mematikan api yaitu memakai karung goni yang basah, Apar (alat pemadam kebakaran), dan mematikan api dari regulator,” ujarnya.

Setelah itu, para siswa melakukan simulasi menghadapi bencana gempa bumi dan kebakaran, mereka mempraktekan apa yang sudah dijelaskan dari 2 pemateri tersebut.

Bagikan
Close X