Vaksin Merah Putih Sedang Diteliti untuk Hadapi Varian Delta

Vaksin Merah Putih Sedang Diteliti untuk Hadapi Varian Delta

SURABAYA(Jurnalislam.com) – Vaksin Merah Putih buatan Universitas Airlangga (Unair) disiapkan secara khusus untuk bisa menghadapi varian Delta. Peneliti konsorsium Vaksin Merah Putih Unair Ni Nyoman Tri Puspaningsih mengatakan, pengembangan vaksin menggunakan dua metode, yakni metode inaktivasi virus dan adenovirus.

“Dalam platform adeno kita mendesain untuk welltype yang dari Wuhan dulu dan yang mutan. Tampaknya chance-nya lebih baik kita pakai desain yang mutan karena (virus) yang Wuhan kan tidak ada sama sekali. Jadi ke depannya kami pakai desain yang mutan karena saat ini sudah varian Delta,” kata Nyoman di Surabaya, Selasa (27/7).

Nyoman mengatakan, pengembangan Vaksin Merah Putih dengan metode inaktivasi virus juga didesain bisa melawan varian baru. Virus yang telah diinaktivasi juga telah menggunakan varian Delta. Artinya, platform inaktivasi virus yang digunakan untuk membuat vaksin berbeda dengan vaksin Sinovac meski platform-nya sama.

“Dalam inactiveted juga virusnya pun sudah virus mutan. Kita sudah ada strategi untuk mengikuti perkembangan virusnya, jadi bukan Wuhan yang zaman lama itu. Jadi insya Allah inactivated juga bagus untuk melawan virus mutan termasuk varian Delta,” ujar Nyoman.

sumber: republika.co.id

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X