UE Sebut Turki Berperan Strategis Tangani Pengungsi Afganistan

UE Sebut Turki Berperan Strategis Tangani Pengungsi Afganistan

BRUSSEL(Jurnalislam.com) — Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, mengatakan,  Turki akan memainkan peran sangat penting dalam menghadapi gelombang warga Afghanistan yang melarikan diri dari negara mereka.

Berbicara kepada penyiar negara Spanyol RTVE, Borrell mengatakan, Uni Eropa harus bekerja sama dengan negara-negara yang membentang antara Afghanistan dan Eropa untuk menghindari krisis kemanusiaan.

Borrell mencatat bahwa, Turki akan memiliki peran sangat penting dalam menghadapi gelombang pengungsi dari Afghanistan. Dia menyayangkan bahwa Uni Eropa tidak memiliki kebijakan bersama untuk menerima pengungsi dalam situasi yang saat ini terjadi di Afghanistan.

Menurut Borrell, Uni Eropa sedang mencoba untuk membangun solusi yang mumpuni terkait kebijakan pengungsi. “Ini adalah kekhawatiran. Apa yang terjadi di Afghanistan adalah kekalahan dunia Barat. Kita harus memiliki keberanian untuk mengenalinya dan menganalisis penyebab dan konsekuensinya,” kata Borrell, dilansir Middle East Monitor, Kamis (19/8).

Borrell menyebut situasi di Afghanistan sebagai peristiwa geopolitik paling serius sejak Rusia mencaplok Krimea. Dia menambahkan bahwa, situasi geopolitik tersebut akan mempengaruhi keseimbangan kekuatan di dunia.

“Situasi saat ini memaksa kami untuk memikirkan kembali bagaimana kami harus bertindak dan mempertahankan nilai-nilai yang kami anut,” kata Borrell.

Borrell mengatakan, Uni Eropa perlu memulai dialog dengan Taliban agar warga Afghanistan bisa mencapai bandara Kabul dengan aman. Beberapa penerbangan militer Uni Eropa telah kembali beroperasi.

Sumber: republika.co.id

 

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X