Turki Rayakan Hari Republik ke-95

Turki Rayakan Hari Republik ke-95

ANKARA (Jurnalislam.com) – Pembukaan bandara baru Istanbul yang bersejarah adalah tanda kekuatan, tekad, dan keberhasilan Turki selama 95 tahun, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Senin (29/10/2018), saat negara itu merayakan Hari Republik ke-95.

Erdogan, bersama dengan pejabat pemerintah dan militer senior serta pemimpin oposisi, meletakkan karangan bunga di Anitkabir, di ibukota Ankara.

“Hari ini, kami merayakan ulang tahun ke-95 republik kami dengan membuka bandara baru di Istanbul, salah satu proyek paling bergengsi di dunia,” tulis Erdogan dalam buku tamu memorial Anitkabir.

Juga menandai kesempatan yang baik, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan bandara baru akan berfungsi sebagai hadiah ulang tahun.

Di Twitter, Oktay berkata, “Kami sedang mempresentasikan sebuah bandara baru di Istanbul ke republik kami pada ulang tahun ke-95. Kami bekerja keras untuk membawa karya-karya baru ke negara kami di bawah kepemimpinan presiden kami.”

Baca juga:

Upacara pembukaan fase satu dari salah satu bandara terbesar di dunia dimulai pada jam 4.30 sore waktu setempat (1330GMT) dengan kehadiran Erdogan dan para pemimpin dari seluruh dunia.

Proklamasi resmi Republik Turki oleh Ataturk terjadi pada 29 Oktober 1923, ketika menyatakan nama bangsa dan statusnya sebagai sebuah republik.

Sejak itu, Turki merayakan Hari Republik setiap tahun pada tanggal 29 Oktober.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X