Responsive image

Turki Kepung Penuh Posisi IS di al Bab, Suriah

Turki Kepung Penuh Posisi IS di al Bab, Suriah

BRUSSELS (Jurnalislam.com) – Tentara Turki dan oposisi Suriah yang didukung Turki telah sepenuhnya mengepung kota Al-Bab yang dipegang kelompok Islamic State (IS), menteri pertahanan Ankara mengatakan Kamis (16/02/2017).

Berbicara di Brussels, Fikri Isik mengatakan Turki akan membantu warga sipil yang tinggal di Al-Bab dan juga memperbaiki infrastruktur kota setelah IS didorong keluar.

“Sekarang Al-Bab benar-benar dikepung. Sebuah operasi pembersihan yang serius sedang dilakukan di dalam [kota].

“Ada operasi yang sangat intens untuk membersihkan pusat kota Al-Bab dari elemen IS. Tentara Pembebasan Suriah [The Free Syrian Army-FSA] dan Angkatan Bersenjata Turki telah melakukan [operasi] bersama-sama,” kata Isik kepada wartawan pada konferensi pers, lansir Anadolu Agency.

Turki telah melakukan operasi militer di Suriah utara sejak Agustus lalu. Dipimpin oleh pasukan FSA, Operasi Perisai Efrat bertujuan untuk meningkatkan keamanan, mendukung pasukan koalisi, dan menghilangkan ancaman teror IS, PYD dan PKK di sepanjang perbatasan Turki.

Operasi ini difokuskan di Al-Bab sejak awal Desember.

Mengacu “pada dua prioritas” Turki setelah membebaskan Al-Bab, Isik mengatakan Manbij dan Raqqa Suriah juga akan dibersihkan dari IS.

Salah satu tujuan dari operasi sekarang adalah membebaskan Raqqa, “ibukota,” IS serta Manbij, sebuah kota strategis penting yang terletak di tepi barat Sungai Efrat, yang saat ini dikuasai oleh pasukan IS.

Mengenai kehadiran pasukan PYD / YPG di Manbij, Isik mengatakan bahwa itu merupakan ancaman serius bagi stabilitas Turki dan juga Manbij.

“Kami telah berusaha untuk menyingkirkan milisi PKK / PYD dari wilayah dengan cara tercepat dan termudah. Kami bertekad mecapai tujuan tanpa menyebabkan ketegangan apapun. Operasi ini juga akan terus dilanjutkan setelah Al-Bab,” tambahnya.

Bagikan
Close X