Trump: Keputusan Golan Diambil Setelah Mendapat Pelajaran Sejarah Singkat

Trump: Keputusan Golan Diambil Setelah Mendapat Pelajaran Sejarah Singkat

LAS VEGAS (Jurnalislam.com) – Presiden AS Donald Trump mengatakan, keputusan kontroversialnya mengakui pencaplokan Israel  atas Dataran Tinggi Golan pada tahun 1981 adalah hasil dari perbincangan tentang sejarah singkat dengan penasehatnya. Demikian dilansir Reuters, Sabtu (6/4/2019).

Berbicara pada pertemuan Koalisi Yahudi Republik di Las Vegas, Trump mengatakan dia membuat keputusan cepat selama berdiskusi dengan penasihat perdamaian Timur Tengahnya, termasuk Duta besar AS untuk Israel, David Friedman dan menantunya, Jared Kushner.

“Saya berkata, ‘Teman, bantu saya. Beri saya sejarah singkat. Saya ingin cepat. Saya punya banyak hal yang sedang saya kerjakan: Cina, Korea Utara. Cepat beritahu saya,” kata Trump disambut gelak tawa audiens.

“Bagaimana Anda menyukai gagasan saya mengenali dengan cepat apa yang sedang kita diskusikan?” kata dia menceritakan lagi percakapannya.

Tak lama setelah itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengunjungi Trump pada 25 Maret lalu. Trump kemudian menandatangani proklamasi yang secara resmi memberikan pengakuan AS atas Golan sebagai wilayah Israel. Langkah itu diumumkan Trump dalam tweetnya sehari sebelumnya.

Israel mendapatkan Dataran Tinggi Golan dalam perang Timur Tengah pada 1967 dan mencaploknya pada 1981 dalam tindakan yang tidak diakui secara internasional.

“Aku pergi, BING!, semua selesai,” kata Trump.

Sumber: Reuters

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X