Responsive image

Terbongkar, Pemuda Muslim Kashmir Sering Digunakan Sebagai Tameng Hidup Pasukan India

Terbongkar, Pemuda Muslim Kashmir Sering Digunakan Sebagai Tameng Hidup Pasukan India

KASHMIR (Jurnalislam.com) – Sebuah video baru muncul dari Jammu dan Kashmir menunjukkan seorang pemuda Muslim Kashmir digunakan sebagai perisai manusia oleh angkatan bersenjata India.

Pria itu terlihat terikat di depan sebuah jip tentara India yang tampaknya merupakan upaya untuk menghentikan orang melempari batu saat konvoi tentara melewati sebuah lingkungan Kashmir.

Dalam video klip tersebut, seorang tentara India juga dapat terdengar mengatakan: “Mereka yang melempar batu akan menemui nasib yang sama.”

Menurut sumber polisi, yang berbicara dengan syarat anonim karena pembatasan berbicara dengan media, video tersebut direkam di distrik Budgam di Kashmir tengah pada hari Ahad lalu.

Ghulam Mohammad Lone, seorang penduduk Beerwah, mengatakan kepada Anadolu Agency, Sabtu (15/4/2017): “Faktanya memang kita telah digunakan sebagai perisai manusia selama 30 tahun terakhir; Hanya saja di masa lalu kami tidak memiliki ponsel untuk merekam video semacam itu.

“Anda tidak bisa mengabadikan peristiwa seperti itu setiap saat di video tapi hal-hal seperti itu selalu terjadi sepanjang waktu.”

Lone menambahkan bahwa ia juga pernah digunakan sebagai perisai manusia di masa lalu. “Saya pernah digunakan sebagai perisai manusia berkali-kali oleh tentara India ketika mereka mengira mujahidinKashmir berada di sebuah rumah dan dengan senjata api mereka memaksa saya untuk memasuki rumah terlebih dahulu,” kata pria berusia 58 tahun itu.

Aktivis mengatakan bahwa video yang viral tersebut merupakan bukti konkret lain bahwa Muslim Kashmir digunakan sebagai perisai manusia selama bertahun-tahun di wilayah yang disengketakan tersebut.

Aktivis hak asasi manusia Kashmir Khurram Parvez, yang bekerja untuk Koalisi Komunitas Sipil (Coalition of Civil Society) yang bermarkas di Srinagar, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pasukan India bertindak seperti tentara Israel di Palestina yang menggunakan perisai manusia sejak tahun 1989 di Jammu dan Kashmir.

Bagikan
Close X