Taliban Tegaskan sebagai Wakil Rakyat Afghanistan yang Sah pada Forum Internasional

11 Juli 2018
Taliban Tegaskan sebagai Wakil Rakyat Afghanistan yang Sah pada Forum Internasional

AFGHANISTAN (Jurnalislam.com) – Taliban kemarin, Senin (9/7/2018) menegaskan bahwa mereka memandang dirinya sebagai satu-satunya wakil rakyat Afghanistan yang sah, sementara mereka yang berjuang untuk pemerintah Afghanistan adalah “boneka” Amerika Serikat.

Taliban menegaskan poin-poin ini dan poin lainnya dalam sebuah pernyataan yang ditujukan untuk Konferensi Internasional Cendekiawan Muslim tentang Perdamaian dan Stabilitas di Republik Afghanistan, yang diadakan di Arab Saudi hari Selasa (10/7/2018) dan besok. Pernyataan itu dirilis pada tanggal 9 Juli dalam bahasa Inggris di Voice of Jihad, situs web resmi Taliban.

“Imarah Islam Afghanistan bukanlah kelompok pemberontak atau teroris. Tetapi Imarah Islam adalah nama dari perjuangan bangsa Afghanistan yang berjumlah tiga puluh juta untuk tuntutan Islam dan kemerdekaan. Imarah Islam memiliki akar yang dalam di negaranya. Saat ini ada kontrol penuh atas 70% wilayah Afghanistan,” kata Taliban.

Pertama Sejak 2001, Taliban Terima Gencatan Senjata Pemerintah Demi Idul Fitri

Intinya adalah: Taliban telah berulang kali mengatakan bahwa pihaknya tidak akan bernegosiasi dengan atau berbagi kekuasaan dengan pemerintah boneka AS yang dianggapnya tidak sah. Sebaliknya, Taliban memandang dirinya sebagai wakil sah rakyat Afghanistan, dan hanya akan terpenuhi dengan pemulihan Imarah Islam Afghanistan.

Pemerintah AS, NATO, dan pemerintah Afghanistan, bersama dengan mereka yang bernegosiasi dengan Taliban, terus bersikeras bahwa penyelesaian yang dirundingkan dengan Taliban adalah satu-satunya solusi. Ketika mereka gagal memahami sifat dan motivasi Taliban maka strategi seperti itu pasti gagal.