Responsive image

Taliban Kembali Serang Pangkalan Militer, Puluhan Pasukan Bentukan As Tewas

Taliban Kembali Serang Pangkalan Militer, Puluhan Pasukan Bentukan As Tewas

AFGHANISTAN (Jurnalislam.com) – Sedikitnya 27 anggota pasukan militer Afghanistan  bentukan AS telah tewas dalam beberapa serangan Taliban di pos-pos pemeriksaan serta pangkalan militer dan polisi di berbagai bagian negara itu, menurut para pejabat.

Serangan-serangan pada hari Ahad dan Senin di tiga provinsi terpisah – Farah, Badghis dan Baghlan – dan korban tewas yang tinggi menggarisbawahi kesulitan yang dihadapi pasukan Afghanistan dalam upaya mengamankan negara.

Di provinsi Farah barat, serangan dimulai pada Ahad malam dan menewaskan sedikitnya 17 anggota pasukan militer.

Baca juga: 

Fared Bakhtawer, kepala dewan provinsi, seperti dikutip oleh kantor berita Associated Press pada hari Senin (17/9/2018) mengatakan bahwa Taliban telah menyerang pos pemeriksaan polisi di seluruh provinsi dan kota Farah, ibukota provinsi.

Sekelompok pejuang Taliban pertama-tama menargetkan pos-pos pemeriksaan di distrik Push Rod, menewaskan 10 petugas polisi. Serangan lain melanda di distrik Bala Buluk, di mana tujuh perwira tewas dan sedikitnya tiga lainnya diculik oleh para pejuang.

Secara terpisah, juga di Bala Buluk, enam polisi menyerah kepada Taliban setelah pertempuran sengit.

Ada juga serangan di tempat lain di Farah tetapi Bakhtawer tidak bisa memberikan angka korban, menunggu laporan yang lebih rinci.

Baca juga: 

Di provinsi Badghis barat laut, lima perwira tewas, termasuk Abdul Hakim, komandan polisi dari sebuah unit cadangan, dalam serangan yang terjadi pada Senin pagi di dekat ibukota provinsi Qala-i-Now.

Di provinsi utara Baghlan, Taliban pada hari Senin menyerang satu pangkalan militer dan polisi gabungan, menewaskan tiga tentara dan dua petugas polisi, kata Jenderal Ekramuddin Serih, kepala kepolisian provinsi.

Empat anggota pasukan militer lainnya terluka dalam serangan itu, yang terjadi di distrik Baghlani Markazi, tambahnya.

“Pangkalan itu di bawah kendali pasukan militer Afghanistan sekarang dan bala bantuan juga telah dikirim ke kabupaten.”

Juru bicara Taliban Qari Yusouf Ahmadi mengatakan kelompok itu bertanggung jawab atas serangan di Farah. Secara terpisah, Taliban juga mengklaim serangan di Badghis.

Taliban memiliki kehadiran yang kuat di ketiga provinsi dan sering menyerang pasukan militer Afghanistan di sana.

Bagikan

3 thoughts on “Taliban Kembali Serang Pangkalan Militer, Puluhan Pasukan Bentukan As Tewas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X