Responsive image

Setelah Bebaskan Keluarga AS, 4 Tentara Pakistan Tewas Dihantam Bom Taliban

Setelah Bebaskan Keluarga AS, 4 Tentara Pakistan Tewas Dihantam Bom Taliban

PAKISTAN (Jurnalislam.com) – Sebuah bom hari Ahad (15/10/2017) menewaskan empat tentara Pakistan saat mereka mencari gerilyawan yang terkait dengan penculikan keluarga AS-Kanada yang dibebaskan pekan lalu.

Keluarga tersebut ditahan oleh jaringan Haqqani yang beraliansi dengan Taliban di daerah kesukuan sampai mereka dibebaskan dalam operasi militer Pakistan pada hari Rabu lalu.

“Empat pasukan Pakistan termasuk seorang kapten tewas sementara tiga lainnya menderita luka-luka ketika sebuah alat peledak improvisasi meledak,” kata militer dalam sebuah pernyataan

“Pasukan tersebut merupakan bagian dari kelompok pencari yang menangani orang asing yang diselamatkan,” tambahnya tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pejabat mengatakan kepada AFP bahwa kelompok pencari tersebut berasal dari Korps Perbatasan, sebuah pasukan paramiliter yang menjaga keamanan di sabuk kesukuan Pakistan.

Taliban Pakistan Publikasi Pelatihan Pasukan Khusus di Barat Laut Pakistan

Joshua Boyle beserta istri dan tiga anaknya dibebaskan setelah lima tahun ditangkap jaringan Haqqani, sebuah kelompok perlwawanan terkenal yang beroperasi di kedua sisi perbatasan Afghanistan-Pakistan.

Jaringan Haqqani dipimpin oleh Sirajuddin Haqqani, yang juga merupakan wakil pemimpin Taliban Afghanistan.

Pakistan, yang telah lama dituduh memiliki hubungan dengan kelompok Haqqani, menghadapi tekanan dari Washington untuk menindak para jihadis oleh Presiden AS Donald Trump pada bulan Agustus.

Setelah pembebasan keluarga tersebut, Trump tweeted bahwa hubungan mereka membaik dan mengucapkan terima kasih kepada Pakistan atas “kerja sama mereka di banyak bidang.”

Bagikan
Close X