Responsive image

Serangan Udara Rusia Kembali Targetkan Warga Sipil di Idlib, 15 Tewas

Serangan Udara Rusia Kembali Targetkan Warga Sipil di Idlib, 15 Tewas

IDLIB (Jurnalislam.com) – Rusia melancarkan serangan udara di benteng pertahanan kelompok oposisi di Idlib, Suriah Barat Laut. Dikutip dari AFP, serangan ini menewaskan sedikitnya 15 warga sipil, termasuk seorang anak.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (HAM), serangan itu terjadi pada Kamis (5/3/2020) dini hari waktu setempat. Di mana militer Rusia menargetkan kamp-kamp berkumpul warga Idlib yang kehilangan tempat tinggal di luar kota Maaret Misrin.

Dalam perang Suriah, Rusia mendukung rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad. Serangan ini terjadi di saat, Rusia dan Turki- yang mendukung kelompok berseberangan Front Pembebasan Nasional- dijadwalkan bertemu di Moskow hari ini.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di ibu kota Rusia. Keduanya dikabarkan akan mengupayakan solusi guna meredakan ketegangan mereka di wilayah Suriah.

Pada Rabu (4/3/2020), Erdogan mengatakan, akan membujuk Putin untuk menyetujui gencatan senjata sesegera mungkin di Idlib.

“(Saya harap) akan ada gencatan senjata yang dibuat dengan segera di Idlib,” kata Erdogan.

Turki sendiri telah mengancam akan membalas rezim Assad jika mereka tidak juga menghentikan serangan di Idlib dan mundur dari wilayah itu, sebagaimana yang disepakati dalam perjanjian Sochi 2018 yang menentukan Idlib sebagai zona aman.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X